Ini Dia… Duta Lingkungan IPB 2017

Ini Dia… Duta Lingkungan IPB 2017

ini-dia-duta-lingkungan-ipb-2017-news
Prestasi

Kementerian Pertanian dan Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu bagian dari lembaga kemahasiswaan IPB menginisiasikan suatu kegiatan berbasis lingkungan yang proaktif, edukatif, dan bersifat sosial, yang diberi nama penganugrahaan IPB Green Environmental Ambassador (IGEA) 2017. Kegiatan yang  bertemakan “Green Awareness Forerunner” ini digelar di Auditorium Sylva Pertamina Fakultas Kehutanan (Fahutan) Kampus IPB Dramaga Bogor, Senin (22/5). Kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk mengembangkan potensi dan kualitas sumberdaya mahasiswa IPB.

Sebanyak 20 finalis IGEA terpilih telah berhasil melewati tahap seleksi dan mengikuti rangkaian pelatihan serta kegiatan IGEA 2017. Pada kesempatan inilah saatnya untuk memilih siapa yang layak menjadi Duta Lingkungan IPB 2017.

Kepala Biro Hukum, Promosi dan Hubungan Masyarakat (Biro HPH) IPB Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.Si mengatakan moment ini menjadi langkah awal bagi para finalis Duta Lingkungan IPB untuk memperhatikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, tentunya dalam lingkup kebersihan lingkungan. Para duta lingkungan akan menjadi bagian penting dalam menyampaikan dan mengkomunikasikan pesan-pesan lingkungan dalam rangka menuju IPB Green Campus 2020.

Ketua Panitia IGEA 2017, Agus Pratama Damanik  menjelaskan, IGEA adalah kegiatan kaderisasi mahasiswa yang memiliki rasa kepedulian terhadap isu dan masalah lingkungan. Melalui berbagai pelatihan yang diberikan akan dapat meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill para peserta, sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.

Wakil Ketua BEM KM IPB, Fahrizal Amir menyampaikan IGEA 2017 merupakan kegiatan pelatihan, kaderisasi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap lingkungan, terutama mengenai penanganan sampah. “Sampah sudah sangat memprihatinkan, di Kota Bogor saja sampah setiap harinya bisa mencapai 1.100 ton, sedangkan di lingkungan IPB titik timbunan sampah per harinya bisa mencapai 20 ton. Jadi sebagai Duta Lingkungan IPB 2017, ini merupakan tantangan yang harus dihadapi, dipecahkan dan diperjuangkan untuk dikelola dengan baik, sehingga tercipta lingkungan yang hijau, bersih dalam rangka mendukung terwujudnya IPB Green Campus 2020,” ujarnya.

Selain menentukan dan memilih sebagai Duta Lingkungan 2017,  ada tujuh kategori pemenang finalis terbaik untuk Best Costume, juaranya Anisa Zulfa Salamah, Teknik Sipil dan Lingkungan (Fateta/53); Best Project juaranya Yoga Rivaldi, Kedokteran Hewan (FKH/52); Best on Social Media juaranya Widarni Assyura, Ilmu Keluarga dan Konsumen (Fema/52); Best Knowledge juaranya Fadiyah Hasta Puspitasari, Ekonomi Syariah (FEM/52); The Most Interesting Poster juaranya Tamyizul Muchtar, Manajemen Hutan (Fahutan/52); The Most Friendly jaranya Juleha Permatasari, Komunikasi (Diploma/52); dan sebagai Runner up IGEA 2017 kembali Anisa Zulfa Salamah, Teknik Sipil dan Lingkungan (Fateta/53).

The Winner of IPB Green Environmental Ambassador 2017 terpilih adalah  Yoga Rivaldi mahasiswa Kedokteran Hewan (FKH/52). Ia juga terpilih sebagai Best Project 2017. Ke depan Yoga akan  bersinergi dengan berbagai kegiatan yang ada di IPB dalam bidang lingkungan, misalnya di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Selain itu, terlibat langsung dalam kebijakan green campus karena IGEA untuk mendukung dan berkontribusi mewujudkan IPB menjadi green campus 2020.(Awl)