Inilah Lima Prodi Favorit di IPB

Inilah Lima Prodi Favorit di IPB

inilah-lima-prodi-favorit-di-ipb-news
Prestasi

Biro Hukum, Promosi dan Humas (Biro HPH) Institut Pertanian Bogor (BHPH-IPB) menggelar Workshop Laporan dan Evaluasi IPB Goes to School (IGTS) 2017, Sabtu (22/4) di Auditorium Sylva Pertamina, Fakultas Kehutanan, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Kepala Biro HPH IPB, Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.Si mengatakan  workshop ini bertujuan untuk menjaring aspirasi panitia Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) dan perbaikan pelaksanaan IGTS di masa yang akan datang.  “Tahun ini IPB kembali melakukan promosi berupa IGTS di 56 daerah di Indonesia. Kami berharap dengan kegiatan IGTS ini jumlah peminat yang mendaftar ke IPB meningkat,” kata Yatri.

Menurut Yatri, lima program studi IPB yang paling diminati peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) diantaranya : Aktuaria, Gizi Masyarakat, Ilmu dan Teknologi Pangan, Ilmu Komputer dan Statistik. “Setiap tahun tren program studi yang paling diminati berubah mengikuti kecenderungan masyarakat,” ujarnya.

Pada jalur masuk SNMPTN, IPB menetapkan kebijakan kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 55-60 persen. Berbeda dengan kebijakan perguruan tinggi lain yang hanya menetapkan minimal 30 persen. IPB memang lebih memberikan kesempatan lebih banyak bagi calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Hal ini karena IPB  mempunyai data Peringkat Akademik Sekolah (PERAKS) yang menjadi acuan kualitas SMA dan seleksi penerimaan mahasiswa baru selama ini.

Kepala Bagian Promosi Biro HPH-IPB, Dr. drh. M. Fahrudin mengatakan, IGTS 2017 ini dihadiri peserta sebanyak 18.705 orang yang terdiri dari 17.967 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), 635 guru Bimbingan dan Konseling (BK), 160 alumni dan sebelas kepala sekolah. “Jumlah daerah yang disambangi dalam kegiatan IGTS ini meningkat  dari tahun sebelumnya, yakni dari 52 titik menjadi 56 titik,” lanjut Dr. Fahrudin.

Pada kesempatan itu diberikan apresiasi Omda yang berprestasi yakni Omda Kemala, Lampung yang berhasil menghadirkan peserta IGTS 2017 terbanyak sebanyak 2.102 siswa dan Omda Banten yang berhasil melakukan roadshow terbanyak ke 104 SMA. (ris)