FEM IPB Mengupas Agribisnis Singkong di Lampung

FEM IPB Mengupas Agribisnis Singkong di Lampung

FEM-Lampung
Prestasi

Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Jembatan Agribisnis Indonesia (JAI) yang dimotori oleh Dr. Bayu Krisnamurthi mengadakan fieldtrip ke Lampung (15-17/4). Kegiatan ini diikuti oleh 5 dosen, 8 mahasiswa Agribisnis program S1 dan 7 mahasiswa program S2.

 

Kegiatan ini merupakan serangkaian kunjungan industri ke PT Sungai Budi Group yang merupakan perusahaan agribisnis tertua di Lampung dengan aktivitas utama pengolahan singkong. Perusahaan ini merupakan holding company dari 13 anak perusahaan dan unit bisnis lainnya. 

 

Selain mengunjungi pabrik pengolahan tapioka, peserta juga mengunjungi pabrik pengolahan glucose, biogas yang merupakan hasil olahan limbah cair, PLTU, pabrik pengolahan kelapa sawit, pabrik gula, dan pelabuhan pribadi milik perusahaan beserta sarana transportasinya.

 

Mahasiswa juga mengunjungi kebun singkong milik petani untuk menggali informasi langsung dari petani mengenai praktik usaha tani singkong langsung dari petani. Selain itu peserta juga mengunjungi perkebunan tebu.

 

Kegiatan dilakukan dalam rangka menjembatani pemahaman mahasiswa atas teori yang diperoleh di kampus dipadukan dengan praktik bisnis di lapangan sehingga memiliki pemahaman menyeluruh.

 

Pada hari terakhir peserta berkesempatan melakukan diskusi dengan salah satu CEO PT Sungai Budi Holding Company, Alfred dan juga Dr. Bayu Krisnamurthi sebagai founder JAI. Di hari terakhir ini menjadi forum tanya jawab atas pertanyaan pada level manajemen dan strategis serta memberikan masukan dari peserta kepada perusahaan.***