Ario Ananda Peraih Medali Emas Scrabble pada Asian English Olympics

Ario Ananda Peraih Medali Emas Scrabble pada Asian English Olympics

Ario-FEM
Prestasi

Asian English Olympics merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Binus University. Ajang perlombaan ini diikuti oleh salah satu mahasiswa Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB), Ario Ananda Alifianto. Kompetisi tersebut merupakan olimpiade bahasa Inggris tingkat benua Asia yang terdiri dari enam divisi, yaitu Debate, Scrabble, Spelling Bee, Speech, Story Telling dan Newscasting yang diadakan pada 9-14 Februari 2016.

 

Pada tahun ini, peserta Asian English Olympics berasal dari 10 negara di Asia yaitu Malaysia, Singapore, Indonesia, Thailand, Filipina, Laos, Vietnam, India, Bangladesh, dan Korea Selatan. Dalam acara tersebut, setiap institusi yang diwakili oleh delegasinya memperebutkan medali tiap divisinya, dan memperebutkan gelar juara umum untuk satu institusi yang mampu mengoleksi gelar paling banyak dari setiap divisi.

 

Pada The 2016 Asian English Olympics, Miriam College (Filipina) menjadi juara umum dengan mengoleksi 7 medali dari divisi Debate, Newscasting, Story Telling, dan Speech. Sedangkan, IPB hanya mengirimkan satu delegasi pada divisi Scrabble, yaitu Ario Ananda Alifianto (MAN 50) yang juga menjadi peraih medali emas pada divisi tersebut. Pada divisi Scrabble terdapat 60 partisipan yang berasal dari Malaysia, Singapore, Indonesia, Laos, Filipina, India, dan Vietnam. Delegasi IPB pada divisi Scrabble mampu melaju ke babak final pada hari keempat setelah mengemas kemenangan sebanyak 21 game dari 25 game. Pada babak final, Ario mengalahkan Alexander Gozali (delegasi Binus University) tiga game langsung dengan skor 463-430, 562-325, dan 464-463.

 

Menurut Ario, Scrabble bukan hanya tentang kemampuan vocabulary (pembendaharaan kata), tapi juga kemampuan anagramming, matematis, dan probabilitas. Sebelumnya, Ario juga merupakan juara nasional pada 3 kompetisi Scrabble tingkat nasional dan dua kali mewakili Indonesia pada kompetisi Scrabble dunia pada tahun 2014 dan 2015 di Kuala Lumpur.

 

Di IPB, Ario merupakan salah satu founder dari Agricultural Scrabble Community yang berdiri pada tahun 2014 bersama Rastra Teguh Pratama (BIK 50) dan Andri Prastyo (PSP 50). Agricultural Scrabble Community (ASC) telah meraih 3 gelar internasional yaitu Juara 3 Asian English Olympics 2015, Juara 1 Singapore Scrabble Tournament, dan Juara 1 Asian English Olympics 2016 dan juga 7 gelar nasional dari berbagai kompetisi. Ario juga merupakan Social Media Coordinator dan Website Organizer di Indonesian Scrabble Federation sejak 2015. Kedepannya, Ario akan mengikuti MSI World Scrabble Championships di Lille, Prancis tanggal 31 Agustus-4 September 2016 dan Causeway Challenge International tanggal 31 November-5 Desember 2016 di Johor Bahru, Malaysia mewakili Indonesia.***