Mahasiswa ITK FPIK IPB Raih Juara dalam Kompetisi Ilmiah Internasional

Mahasiswa ITK FPIK IPB Raih Juara dalam Kompetisi Ilmiah Internasional

Taiwan
Prestasi

Mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan terpilihnya Go Marine Team. Tim yang terdiri dari Rivalni Septiadi, Bayu Pamungkas, Akbar Habibie, Andhika Nanda Bagja dan Dio Andikapadrya Kautsar (ITK50) di bawah bimbingan Ayi Rahmat, S.Pi, M.Si selaku dosen ITK, menjadi juara II dan III dalam “2015 Asia Pasific Agriculture Undergraduate Student Project Competition” pada tanggal 26-28 November 2015 di Pintung, Taiwan. 

 

“2015 Asia Pasific Agriculture Undergraduate Student Project Competition” merupakan suatu ajang kompetisi project paper tahunan yang diselenggarakan oleh Global Food Research Center (GFSRC), National Pingtung University of Science and Technology (NPUST), Taiwan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk berbagi pengetahuan dalam berbagai penelitian, juga untuk meningkatkan keterampilan profesional serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Sesuai dengan bidang khusus penyelenggara, yakni pertanian, event ini mengangkat topik mengenai pertanian, seperti Agrifood Processing and safety, Suistanable Livestock and Aquaculture Production, Suistanable Soil and Water Developement, Economic Analysis of Food Security Policy, and Energy Application in Agriculture. 

 

Terdapat sekitar 24 paper yang dilombakan, yang sebelumnya telah lolos seleksi tahap awal. Kemudian dalam presentasinya, terbagi menjadi tiga kelas sesuai dengan topik bahasan yang dipilih oleh peserta. Sebanyak 24 paper yang mengikuti kompetisi merupakan paper hasil karya mahasiswa IPB, yang mewakili Indonesia, dan yang lainnya berasal dari berbagai negara, seperti Taiwan, Vietnam, dan Thailand.

 

Dalam kesempatan ini, mahasiswa ITK IPB berhasil membawa dua gelar juara yaitu Juara 3 pada bidang Sustainable Livestock and Aquaculture Production dan Juara 2 pada bidang Sustainable Soil and Water Development. ***