IPB Tuan Rumah Kongres Perhimpunan Ahli Penyuluhan

IPB Tuan Rumah Kongres Perhimpunan Ahli Penyuluhan

penyuluhan
Prestasi

Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah “Simposium Nasional Penyuluhan Pembangunan Berkelanjutan dan Kongres II Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia (PAPPI) 2015”, Selasa (24/11) di Auditorium Rektorat Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Darmaga. Acara dibuka secara resmi oleh Rektor IPB, Prof.Dr. Herry Suhardiyanto. Rektor berharap kongres PAPPI dapat menghasilkan rumusan yang efektif bagi insan penyuluh untuk terus melakukan pembangunan dari segala bidang.

 

Ketua Panitia, Dr. Siti Amanah menyampaikan bahwa saat ini Millenium Development Goals (MDGs) seharusnya bisa dicapai dan mulai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam kondisi tersebut  para penyuluh dapat mengikuti dinamika kondisi saat ini.  Namun, di sisi lain perhatian terhadap penyuluh masih terbatas.

 

Ketua Umum PAPPI, Prof.Dr. Sumardjo, dalam sambutannya menjelaskan bahwa ukuran keberhasilan pembangunan yang berfokus pada manusia adalah berapa banyak proporsi warga negara yang bisa merealisasikan potensi mereka masing-masing, dan proporsi mereka yang ikut terlibat dan memperoleh manfaat dari pembangunan yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial dan ekologi.

 

Sejalan dengan pandangan tersebut, tambah Prof. Sumardjo, agar pembangunan di suatu negara bisa berfokus pada manusia, ada tiga pilar proses pembangunan yang harus ada di dalam setiap kegiatan pembangunan, yaitu pemberdayaan, partisipasi dan keberlanjutan. Semua pihak, baik pemerintah maupun swasta, yang mempunyai kegiatan yang berpengaruh pada harkat hidup orang banyak perlu memperhatikan ketiga hal ini.

 

Kongres PAPPI menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof.Dr. Ravik Karsidi, dan Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Ir.Fathan A Rasyid, M.Ag. Turut hadir dalam acara ini diantaranya Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB, Dr. Arif Satria. (awl)