Menteri Pembangunan Industri Sabah, Malaysia Berkunjung ke IPB

Menteri Pembangunan Industri Sabah, Malaysia Berkunjung ke IPB

Berita

Menteri Pembangunan Industri Sabah Y.B Datuk Dr. Ewon Ebin berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB) Senin (26/5) di Kampus IPB Darmaga. Rombongan yang berjumlah sepuluh orang ini disambut hangat Rektor IPB, Dr. Herry Suhardiyanto didampingi Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Yonny  Kusmaryono, Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Anas Miftah Fauzi,   Kepala Sub Direktorat Program Internasional, drh. Muhammad Agil, M.Sc.Agr dan Sekretaris Ekskutif, Dr. Aceng Hidayat.

 

Dalam pertemuan dengan Rektor IPB,  Dr. Ewon  secara khusus menggali pengembangan  tanaman vanili dan teknologi budidaya yang telah dikembangkan IPB. " Kami sedang mengembangkan tanaman vanili dan industrinya di Sabah. Sekiranya IPB memiliki perkebunan vanili kami akan senang untuk berkunjung ke sana," kata Dr. Ewon. Sayangnya karena lokasi perkebunan vanili berada di Sukabumi, maka rombongan tidak berkesempatan mengunjungi lokasi tersebut.

 

Menteri juga tertarik tanaman jarak sebagai bahan dasar kosmetika dan  biodiesel. Tanaman jarak ini menurut Dr. Ewon sangat cocok untuk ditanam di lahan marjinal di Sabah. Jarak bisa menjadi alternatif biodiesel  dibanding sawit. Indonesia dan  Malaysia adalah produsen utama sawit dunia. "Pada saat krisis pangan sekarang, sawit menuai kontraversi kepentingan. Satu sisi untuk bahan pangan, sisi lain untuk bahan bakar," ujar  Dr. Ewon. Kepada rombongan, Rektor IPB pun memperlihatkan produk minyak dan sabun berbahan baku jarak.

 

Rektor IPB mengatakan  IPB banyak melakukan kerjasama riset, teknologi, pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang pertanian, dengan berbagai perusahaan dan instansi. "Kerjasama tersebut memberikan nilai tambah bagi masing-masing pihak," kata Rektor. Dalam kerangka kerjasama tersebut, saat ini, IPB menerima sekitar 80 mahasiswa luar negeri.

 

Setelah ramah tamah, rombongan berkeliling mengunjungi Rumah Sakit Hewan Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Rombongan  diterima dan dipandu, Direktur Rumah Sakit Hewan IPB, Prof. Dondin Sajuthi. Rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju University Farm IPB di Cikarawang. Rombongan diterima dan dipandu Kepala University Farm, Dr. Anas D. Susila untuk berkeliling melihat green house di sana. Selanjutnya meneruskan kunjungannya ke South East Asia Food Agriculture Science and Technology (SEAFAST) Center – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB.  Rombongan diterima langsung oleh Kepala SEAFAST, Dr. Purwiyatno Hariyadi. Terakhir, rombongan meninjau Asrama Putri Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB. Kepala Badan Pengelola Asrama TPB, Dr. Bonny PW Soekarno menyambut dan memandu rombongan berkeliling asrama. (ris)