IPB Dipercaya Menguji Coba Produk Magna Legionella -X

IPB Dipercaya Menguji Coba Produk Magna Legionella -X

Berita

Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) dipercaya Magna International Pte.Ltd. untuk mengujicobakan produk disinfektan Legionella-X. "Presiden Magna International Singapura, Nelson Cheng melalui calon distributor obat hewan di Jakarta memberikan kepercayaan kepada saya agar IPB menguji kemampuan disinfektan Legionella-X terhadap virus H5N1.  Hasil pengujian ini nantinya akan dilampirkan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan ijin masuk ke Indonesia," kata Dr.drh.Agus Setiyono,M.S Selasa (13/5) di Bagian Patologi Fakultas Kedokteran Hewan Kampus IPB Darmaga. Setelah melalui pengujian di laboratorium  Legionella -X terbukti 100 persen membunuh virus flu burung, H5N1.

Legionella-X adalah disinfektan pembunuh virus flu burung yang dikembangkan Magna International. Magna telah mengembangkan  Legionella-X sejak 4,5 tahun lalu, saat Singapura merebak virus Severe acute respiratory syndrome (SARS).

Metode pengujian dilakukan dengan menggunakan pupukan virus Avian Influensa H5N1 pada media Telur Embrio Tertunas (TET) yang diberi Legionella-X dengan konsentrasi 100 persen sebagai bahan obat yang diuji. Pengujian dilakukan oleh Tim Peneliti Unit Pelayanan Mikrobiologi Medik, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Legionella-X juga telah diujicobakan di beberapa kereta api dan rumah sakit di Singapura. Penggunaan disinfektan ini diharapkan memutus rantai penularan virus H5N1. Ini karena kemasannya yang mudah dibawa individu, dengan cukup menyemrpotkan saja. Praktis, efesien, mudah digunakan dimana saja. (ris)