Festival Tanaman di IPB

Festival Tanaman di IPB

Berita

Himpunan Profesi Mahasiswa Agronomi (HIMAGRON), Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB mulai hari Sabtu, 3 Mei 2008 sampai dengan 18 Mei 2008 menggelar acara FESTIVAL TANAMAN XXIX (FESTA XXIX). Acara pembukaan FESTA XXIX dilaksanakan pada Hari Sabtu (3 Mei 2008) di lapangan rumput kampus IPB Baranangsiang. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian IPB Prof.Dr.Ir. Didy Sopandie, M.Agr. Hadir pada acara pembukaan FESTA XXIX antara lain Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Prof.Dr.Ir. Bambang S. Purwoko, M.Sc, Ketua Komisi Kemahasiswaan Departemen Agronomi dan Hortikultura Dwi Guntoro, SP., M.Si, serta para dosen dan staf Departemen Agronomi dan Hortikultura. Acara pembukaan FESTA XXIX dimeriahkan dengan penampilan Rampak Gendang dari UKM Gentra Kaheman IPB.

FESTA XXIX merupakan program kerja tahunan HIMAGRON. Tema yang diangkat pada FESTA XXIX adalah Menggali Potensi dan Kekayaan Bangsa Melalui Pemanfaatan Tanaman Tropis Sansevieria sebagai Komoditi Unggulan dalam Upaya Pengurangan Efek Pemanasan Global di Indonesia. Tanaman Sansevieria diangkat sebagai tanaman maskot dalam FESTA XXIX dikarenakan tanaman Sansevieria merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang manfaatnya belum dikenal luas oleh masyarakat. Tanaman sansevieria merupakan tanaman yang mampu menyerap polutan yang bersifat racun seperti CO2, H2S dan CH4, sehingga tanaman ini sering disebut sebagai tanaman antipolutan. Dengan melihat potensi tersebut, maka Indonesia berpeluang menjadi pusat pengembangan Sansevieria sebagai tanaman antipolusi, penyerap racun, serta antiradiasi, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih, nyaman, dan sehat.

Tujuan FESTA XXIX adalah memperkenalkan tanaman Sansevieria kepada masyarakat sebagai tanaman hias yang dapat mengurangi efek pemanasan global (global warming), mempertemukan para pelaku agribisnis, menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang keanekaragaman jenis tanaman melalui kegiatan Bursa Tanaman (Agrishop), dan mengembangkan kreativitas pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dalam upaya melestarikan tanaman Sansevieria sp.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMAGRON dalam rangkaian kegiatan FESTA XXIX antara lain Bursa Tanaman Hias (Agrishop) yang berlangsung tanggal 3 Mei sampai dengan 11 Mei 2008 di lapangan rumput IPB Baranangsiang yang diikuti oleh 27 nursery dari sekitar Bogor dan Jakarta, lomba mewarnai tingkat TK dan tingkat SD kelas 1, 2, dan 3 dengan tema lingkungan pada tanggal 4 Mei 2008, Kontes Sansevieria pada tanggal 11 Mei 2008, dan seminar nasional tentang tanaman sansevieria pada tanggal 18 Mei 2008 di Auditorium Thoyib Hadiwijaya.

Acara FESTA XXIX ini terselenggara berkat kerjasama antara pihak HIMAGRON (AGH 42, AGH 43, dan AGH 44), pihak swasta dan masyarakat umum. Acara ini juga terselenggara berkat bantuan sponsor dari Majalah Flora dan Fauna, Radio Global Jakarta dan Bandung (88.4 FM dan 89.7 FM). (nUr-sumber: Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB)