IPB Kerjasama South China Agricultural University Tingkatkan Kemampuan Petani Ulat Sutera

IPB Kerjasama South China Agricultural University Tingkatkan Kemampuan Petani Ulat Sutera

Berita

 

Teaching Farm Petromat Agrotech Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan South China Agricultural University dibidang  sericulture pertukaran teknologi untuk peningkatan pengembangan  budidaya ulat sutera di  Sukamantri, Tamansari Bogor.  

 

Dalam kerjasama ini IPB menjadi satu-satunya patner  South China University dalam pembelian produk sericulture termasuk F1 hibrida telur ulat sutra, F1 hibrida bibit murbei, obat-obatan ulat  sutra dan mesin-mesinnya. Kedua belah pihak akan menyusun proyek kerjasama penelitian sericulture di daerah tropis dan sub tropis. Keuntungan proyek ini akan dibagi keduabelah pihak secara adil.

 

Pada tanggal 25 April – 2 Mei,  perwakilan Teaching Farm IPB bersama South China Agricultural University  akan membicarakan tindak lanjut kerjasama yang dibuat. Dari pihak IPB akan diwakili. Dr. Clara M.Kusharto dan delagasi China yang akan hadir antara lain Vice President South China Agricultural  University Prof. Hu Hao Min, Dean of Animal Science College, Prof. Xin Qi Xing dan Director of Sericulture, Dr.Liu Ji Ping.

 

Pengembangan Teaching Farm berawal dari kerjasama antara IPB Petromat Agrotech dan Direktorat Pendidikan Non Formal, Menteri Pendidikan Nasional.  Sericulture dipilih sebagai salah satu industri  bisnis inti potensial.  IPB Petromat Agrotech memiliki misi  mendorong  pemuda, petani dan masyarakat  menjadi manajer dalam pengembangan proyek sericulture melalui training, kegiatan intern, penelitian dan pengembangan.

 

Sekarang ini, kebun percobaan sericulture dibangun sebagai Teaching Farm, dengan fasilitas 40 hektar yang terbagi ruang kelas, ruang perawatang ulat, ruang perawatan kokon, dan perkebunan plasma di Sujadi, Sukaluyu, Tamansari, Sukamantri, Sirnagalih, Sukajaya, Sukaresmi dan  Pasir Eurih. (ris)