Belanda – IPB Jalin Kerjasama Tingkatkan SDM Agribisnis

Belanda – IPB Jalin Kerjasama Tingkatkan SDM Agribisnis

Berita

Institut Pertanian Bogor menjalin kerjasama dengan Netherlands Organization for International Cooperation in Higher Education (NUFIC) yang merupakan suatu lembaga pendidikan yang memfasilitasi pendidikan internasional di Neterhland. Perwakilannya berada di Jakarta dengan nama Netherland Education Supporting Office (NESO).

"Kita membangun kerjasama pendidikan dan pelatihan dengan Belanda ini khusus untuk agribisnis, yaitu meliputi studi lanjutan berupa program Master, dan Doktor. Sedangkan kegiatan pendidikan dan pelatihan lainnya dalam bentuk Short courses dan Tailor Made Training, "ujar Ketua Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, Dr.Ir.Nunung Kusnadi, MS. Saat diwawancarai usai penandatangan MOU, Senin (28/4) Di Kampus IPB Baranangsiang Bogor.

Beliau mengatakan, dalam pemberangkatan satu angkatan akan melibatkan sekitar 30 dosen atau tenaga pengajar. Sementara Departemen Agribisnis FEM mengkoordinasikan untuk pengiriman tersebut.

"IPB akan mengirimkan 30 peserta dalam satu kali training, nantinya akan ada dua kali trining yaitu tahun 2008 dan 2009. " katanya.

Dikatakannya, salah satu yang ingin dicapai adalah peningkatan kualitas staf pengajar IPB yang bertaraf internasional, dimana tidak hanya didengar di dalam negeri, juga dunia internasional.

"Saya menginginkan dosen kita berkualitas secara nasional dan internasional, baik itu di dalam keilimuan maupun wawasanya, terutama dalam bidang bisnis. Di Belanda nanti mereka akan memepelajari comodity system di beberapa perusahaan besar yang terkait dengan food agribisnis system dan non food agrbisnisn system," katanya

Sementara itu, Rektor IPB yang juga hadir dalam penandatangan MOU tersebut usai kegiatan mengatakan, dosen dan staf pengajar yang nantinya belajar di sana dapat mencarikan peluang untuk membangun semacam pusat penelitian bersama dibidang indsutri bunga.

"Salah satu kekuatan negara Belanda adalah flory culture industri. Industri bunga di Belanda sangat terkenal, saya mengajukan usul untuk mencarikan peluang agar kita bisa kiranya membangun semacam pusat penelitian bersama dibidang industri bunga," kata rektor.

Rektor juga menambahkan, bidang lainya yang bisa dijadikan peluang dan juga menjadi kekuatan negara Belanda adalah hidrologi, dan Kedokeran hewan. (man)