Departemen ITP Lakukan Kuliah Jarak Jauh

Departemen ITP Lakukan Kuliah Jarak Jauh

Berita

Departemen ITP melakukan kegiatan perkuliahan perdana melalui Video Conference untuk mata kuliah Teknologi Pengalengan Pangan, pada: Rabu (3/10), di Distance Learning Class Room SEAFAST Centre Lt 2, peserta adalah mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Hasanudin dan Mahasiswa Teknologi Pangan IPB, dengan dosen pengajar, Dr.Ir. Purwiyatno Hariyadi, M.Sc.,

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara IPB dengan UNHAS dalam rangka pengembangan perkuliahan berbasis E-Learning yang disponsori oleh Global Development Learning Network (GDLN) Ditjen DIKTI.

Pada tahun 2006-2007, enam staf pengajar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan memperoleh hibah kompetisi untuk pengembangan bahan ajar berbasis e-learning dan penyelenggaraan kuliah jarak jauh melalui video conference yang dibiayai oleh World Bank melalui Global Development Learning Network (GDLN) Project, Ditjen Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2006, Dr.Ir. Feri Kusnandar, M.Sc., dan tim memperoleh hibah pengajaran GDLN Batch I untuk mata kuliah Teknologi Pengalengan Pangan. Pengembangan mata kuliah ini bekerjasama dengan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Hasanuddin.

Pada tahun 2007, lima tim lainnya memperoleh hibah yang sama untuk batch II, yaitu Prof.Dr. Betty Sri Laksmi Jenie (MK Sanitasi Industri Pangan), Prof.Dr. Fransiska R. Zakaria (MK Evaluasi Nilai Biologis Pangan), Dr. Dede R. Adawiyah (M.K. Evaluasi Sensori), Dr. Harsi D. Kusumaningrum (M.K. Mikrobiologi Pangan) dan Dr. M. Arpah (M.K. Jaminan Mutu Pangan). Untuk batch II ini, Departemen ITP bekerjasama dengan Universitas Udayana, Universitas Jambi dan Universitas Riau.

Dalam kegiatan tersebut, IPB berperan sebagai pengembang bahan ajar, dimana perkuliahan ini nantinya dapat diikuti oleh mahasiswa di perguruan tinggi mitra. Mata kuliah ini pun nantinya dapat diikuti juga oleh mahasiswa di perguruan tinggi lainnya.

Mulai semester ganjil 2007/2008 ini, perkuliahan berbasis e-learning ini sedang diujicobakan untuk mata kuliah Teknologi Pengalengan Pangan. Mahasiswa Universitas Hasanuddin saat ini sedang mengikuti mata kuliah ini, dimana mereka dapat mengakses bahan ajar di http:/www.seafast.ipb.ac.id/moodle. (***man/nm)