PT Antam Rangkul IPB Berdayakan Masyarakat Terbelakang di Pongkor

PT Antam Rangkul IPB Berdayakan Masyarakat Terbelakang di Pongkor

Berita

PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) POngkor, melalui program “community development” (Comdev) merangkul Institut Pertanian Bogor (IPB) guna membangun dan memberdayakan masyarakat yang terbelakang di daerah Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Manajer Senior Comdev Group PT Antam, Ibrahim S, SH di Pongkor, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Sabtu menjelaskan, upaya itu dilakukan agar masyarakat di sekitar pertambangan semakin baik tingkat kesejahteraannya.”Kami merangkul IPB untuk melakukan survei, membuat peta kondisi masyarakat yang ada disekitar pertambangan kami,” katanya.

Ia menjelaskan, survei yang dilakukan IPB mencakup banyak hal seperti mata pencaharian rata-rata masyarakat yang berada di Pongkor, tingkat pendidikan, dan tingkat kehidupan ekonomi masing-masing kepala keluarga yang berada di daerah Pongkor.”Setelah kami mengetahui ketiga hal tersebut, barulah kami bersama pemerintahan daerah serta masyarakat dapat melaksanakan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) khususnya di daerah Pongkor dan Kecamatan Nanggung,” katanya.

Menurut dia, pemetaan kondisi yang dilakukan PT Antam ada beberapa ring, ring pertama mencakup wilayah Kecamatan dimana perusahaan tambang emas itu beroperasi, ring kedua wilayah Kabupaten Bogor, dan ring ketiga mencakup wilayah yang lebih luas yaitu skala Propinsi Jawa Barat dan yang terakhir nasional.

Pembangunan yang beradasarkan ring-ring ini, katanya, diharapkan bisa mendukung PT Antam dari seluruh unit untuk berdiri dan berkembang. “Penandatanganan kerjasama kami dengan IPB sendiri sudah dilakukan pada minggu lalu, sedangkan pelaksanaan penelitiannya sendiri baru akan dimulai pada awal JUli tahun 2006,” kata Ibrahim. (antara/mim/man)