Kutu Jenis Dysmicoccus brevipes, Pembawa Virus Layu Nanas

Kutu Jenis Dysmicoccus brevipes, Pembawa Virus Layu Nanas

Berita

Peneliti Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) , Dwi Sartiami telah meneliti vektor atau pembawa virus penyakit layu nanas (pineapple melybug wilt/PMW) pada pertanaman nanas di Desa Bunihayu, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang adalah kutu putih Jenis Dysmicoccus brevipes (Db). Serangga hama ini ditemukan pada tanaman yang layu pada bagian akar (93 %), pangkal batang (90%) dan daun (100%).

Kutu Db ini bisa melakukan simbiosis atau kerjasama dengan delapan jenis semut dalam serangannya. Empat jenis semut dari genus Pseudolasius, dua jenis dari genus Cardiocondyla, Paratrechina sp dan Doryllus sp. Diantara delapan semut tadi, Paratreshina sp mampu memindahkan Db dari populasi buah kaboca (Cucurbita maxima) ke tanaman nanas.

Sejak lama, penyakit layu nanas merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh para petani dan pelaku agribisnis nanas.”Penyakit layu nanas bisa menurunkan hasil sampai 40 persen, di Hawai, penyakit ini mampu kehilangan hasil 100 persen,” kata Dwi. Tujuan penelitian yang dilakukan Dwi ini untuk mengindentifikasi kutu putih pada tanaman nanas, mengindentifikasi semut berkoloni dengan kutu putih dan mengamati pola pemencaran kutu secara vertikal pada tanaman nanas di Subang, Jawa Barat.(ris)