Statistika IPB Dilirik Dunia

Statistika IPB Dilirik Dunia

Berita

Bertempat di Gedung Alumni Kampus IPB Baranangsiang pada (14/1) digelarlah Workshop on Geo-informatics. Acara yang dihela Departemen Statistika IPB tersebut diikuti 20 dosen/peneliti di bidang statistika dari berbagai institusi baik perguruan tinggi (IPB,UI,UNS,UNJ, Unej,Unibraw) maupun lembaga penelitian (BMG, Litbang Deptan).

Geo-informatics, keilmuan transdisiplin yang menggunakan heavy statistical analysis ini dikenalkan oleh Prof. Patil (Direktur Pusat Geo-informatics dan Statistika Lingkungan Pennsylvania State University) yang kini dipercaya oleh National Science Foundation (NSF) USA untuk menangani proyek geo-informatics tesebut. Proyek ini merupakan mega proyek tingkat dunia yg melibatkan beberapa kampus besar dunia di Asia dan Eropa selain di USA sendiri.

Diliriknya IPB sebagai salah satu partisipan, menurutnya dilandasi dua hal: (1) IPB sebagai the founding father program-program statistika di Indonesia diharapkan
dapat menyumbangkan konsep dan metode statistika dengan kekuatan SDM-nya (khususnya Departemen Statistika), (2)Di Indonesia banyak ditemui kasus-kasus menarik seperti demam berdarah, flu burung, kriminalitas, perberasan, formalin dan masalah-masalah besar lainnya termasuk dalam dunia pendidikan.

Tentu ini menjadi kebanggaan IPB terutama Departemen Statistika, karena di dalam jaringan ini juga ada CR Rao Institute for Advanced Mathematics and Statistics di New Delhi (India) yang didirikan oleh statistikawan kelas dunia Prof. Rao (yang merupakan murid langsung dari Prof Sir Fisher dan Prof Haldane, dua orang statistikawan ternama abad ke-20).

Wakil Rektor IV IPB Dr.Asep Saefuddin berkesempatan membuka acara tersebut sekaligus menjadi peserta workshop sebagai statistikawan IPB. (nUr)