IPB Lepas 69 Mahasiswa KKN

IPB Lepas 69 Mahasiswa KKN

Berita

Institut Pertanian Bogor melepas 69 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Februari-April 2006, Jum’at (24/2) di Gedung Rektorat Kampus IPB Darmaga. ”Mahasiswa KKN itu akan terjun ke tiga kecamatan yakni Kecamatan Ciampea, Bogor Barat dan Kota Bogor. Mereka akan belajar di lapang, bergabung dengan masyarakat, ” kata Ketua KKN IPB, Dr.Ir. H. Oteng Haridjaja, M.Sc.

Pemilihan tiga lokasi KKN ini sebagai upaya pengembangan wilayah lingkar kampus yang selama ini sudah berjalan lama antara IPB, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota. ”Harapannya dari pengembangan dan pengambdian ini IPB tak lagi dianggap sebagai perguruan tinggi bak menara gading, seolah-olah enak dipandang tapi kurang perhatian terhadap masyarakat sekitarnya,” imbuh Oteng. Tema KKN kali ini ialah Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dan Masyarakat dalam Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan. ”Kami lebih menekankan kemampuan mahasiswa dan masyarakat dalam pengembangan penghijauan dan penanganan sampah,” jelas Oteng.

”Kita harus mendidik masyarakat sekitarnya menjadi masyarakat yang mandiri. Mandiri disini bukan berarti berdiri diatas kaki sendiri, punya jati diri, percaya diri,” Kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LLPM) IPB, Prof. Dr.Rizal Syarief. Dengan KKN ini mahasiswa melakukan learning together, menjalin networking dan belajar memecahkan masaloveilah sendiri. (ris)