Deptan Saudi Arabia Kunjungi IPB

Deptan Saudi Arabia Kunjungi IPB

Berita

Departemen Pertanian Saudi Arabia, Ministery of Agriculture Kingdom of Saudi Arabia bertandang ke Institut Pertanian Bogor, (20/2) di Ruang Sidang Rektor, Kampus IPB Darmaga, Bogor.
Deptan Saudi Arabia tersebut mengirimkan sembilan orang delegasinya di bawah pimpinan Mr. Abdul Majid bin Muhamad Al-Hamad (Research and Agriculture Development).

Sementara yang lainnya adalah para pakar dibidang pertanian, seperti Dr. Anwar Isa Al-Shanhir (Fisheries Sector), Mr. Muhammad bin Hassan Al-Khaz’al (Agricultural Sector), Mr. Sali bin Abdullah Al-Sa’nea (Research and Agriculture Development), Dr. Abdullah bin Muhammad Al-Basher (Livestoch Sector) Dr. Jalal bin Ali Al-hajiry (Livestock Sector), mr. Sa’ad bin Ibrahim Al-Fawwar (administration and Finance), Mr. Fahad bin Abdullah Al-harby (International Cooperation) and Foreign Affaid) dan Mr. Abdullah bin Muhammad Al-Shalan.

Maksud kedatangan mereka adalah untuk mengisi kegiatan sebagaimana yang telah dikerjasamakan antara Deptan Saudi Arabia dengan Deptan Indonesia, Mei 2005 lalu.

Sebagaimana dikatakan oleh Direktur Kerjasama IPB, Dr. Hardinsyah, MS., bahwa di dalam Mou tersebut memiliki subtansi yang mencakup pembangunan pertanian, maka dari itu mereka datang ke IPB.

“Sumber inovasi dan iptek dalam bidang pertanian di indonesia salah satunya berada IPB, oleh karena itu mereka ingin mengetahui potensi yang mungkin bisa dikerjasamakan dengan mereka, “ujarnya.

Menurutnya, Saudi Arabia sendiri telah menawarkan beberapa kerjasama yang diantaranya adalah dalam produksi susu dan green house untuk produk-produk horticulture.

“Teknologi mereka sudah maju, dalam bidang susu mereka menawarkan produksi hingga processingnya. Dan untuk green house produk horticulture, kita juga bisa belajar ke mereka,” paparnya.

Selain itu juga, pihak Saudi Arabia menginginkan adanya sejenis pelatihan di IPB. (man)