Prof.Dr Euis Sunarti: Indonesia, Negeri Laboratorium Bencana

Prof.Dr Euis Sunarti: Indonesia, Negeri Laboratorium Bencana

Prof-Euis-Sunarti
Berita
Indonesia merupakan negara sangat rawan bencana, bahkan dikenal dengan negeri laboratorium bencana, karena terletak di jalur vulkanik (ring of fire) juga berada di kerak bumi yang aktif, dimana tiga hingga lima patahan lempeng bumi bertemu bertumbukan dan menyebabkan pergerakan wilayah Indonesia yang dinamis.  Hasil analisis risiko bencana menunjukkan besarnya wilayah Indonesia yang terkategori berisiko tinggi dan sangat tinggi terhadap beberapa jenis bencana, sehingga secara otomatis menunjukkan besarnya keluarga yang rentan terkena bencana.
 
Gempa bumi risiko tertinggi ada di Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Tsunami risiko tertinggi di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Gunung api risiko tertinggi ada di Jawa, Sumatera dan NTT. Longsor risiko tertinggi ada di Sumatera, Sulawesi dan Jawa. Kekeringan risiko tertinggi ada di Jawa dan Sumatera. Banjir risiko tertinggi ada di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Erosi risiko tertinggi ada di Jawa, Sulawesi dan Sumatera.
 
Data ini disampaikan Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (Fema IPB) Prof.Dr Euis Sunarti, saat konferensi pers pra orasi di Kampus IPB Baranangsiang Bogor, Kamis (4/6). Menurutnya, dari hasil penelitian menunjukkan pentingnya membangun ketangguhan keluarga dan masyarakat dalam menghadapi bencana karena besarnya gangguan bencana (alam dan sosial) terhadap kualitas kehidupan keluarga dan individu. Keluarga miskin dan tidak sejahtera menanggung nilai kerusakan dengan persentase yang lebih besar dan dengan kemampuan pemulihan yang rendah dan lama.  Bencana selain mengganggu pencapaian kesejahteraan (bahkan berpotensi memiskinkan) juga mengganggu fungsi ekspresif keluarga.
 
“Fakta menunjukkan sangat terbatasnya coping strategi dan kemampuan pemulihan keluarga korban bencana, sementara dukungan sosial dari keluarga besar maupun dari tetangga sama-sama terbatas karena pada umumnya berada pada status sosial ekonomi yang sama. Sehingga bencana sangat mengganggu pencapaian kesejahteraan, bahkan pemenuhan kebutuhan pokok keluarga yaitu ketahanan pangan di tingkat keluarga,” ujarnya.
 
Resiliensi yang diharapkan dimiliki keluarga dalam menghadapi bencana, ternyata bukan kemampuan yang bisa didapat secara instant melainkan hasil akumulasi investasi jangka panjang yang built-in dalam kehidupan sehari hari. Komponen kelentingan keluarga tersebut adalah belief system (terutama berkaitan dengan nilai/pemaknaan terhadap bencana/musibah), kualitas komunikasi, dan pola organisasi dalam keluarga.  
 
“Saat ini kesadaran masyarakat dan badan penanggulangan bencana di daerah akan bencana lebih baik. Peningkatan kapasitas ada, tapi apakah sudah ready nampaknya belum. Kalau mau menilai BNPB daerah belum ada yang secara mandiri bisa melakukan. Walaupun begitu kemajuannya bukan berarti tidak ada sama sekali. Namun masih jauh dari yang diharapkan. Selain itu perlu ketangguhan membangun safety culture dan pemahaman tentang risiko bencana. Evektivitas penanganan tanggap darurat dan pasca bencana berkaitan dengan upaya pengurangan risiko bencana. Oleh karenanya sangat mendesak dilakukannya pengintegrasian atau koherensi pengurangan risiko bencana dengan program pembangunan untuk mencapai SDGs,” ujarnya.(zul)