Women Sociopreneurship Model Berbasis Limbah Kain Perca


Mahasiswa:
Armaudiah Putri

Program Studi:
Bisnis

Dosen Pembimbing:
- Dr Ir Arief Daryanto, MEc
- Andina Oktariani, SE, MSi

Deskripsi:
Limbah kain yang dikenal dengan sebutan kain perca merupakan limbah padat yang sulit terurai sehingga membutuhkan pengolahan untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan. 
Daur ulang merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mereduksi limbah, sehingga bukan hanya pencemaran yang akan berkurang tetapi juga dapat menggerakkan kegiatan yang mendatangkan keuntungan ekonomi.

Permasalahan lain yang ditemukan yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pengolahan limbah. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pemberdayaan yang berisi program pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para target pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan penjahit terhadap produk berbahan dasar limbah kain perca, menyusun model bisnis women sociopreneurship Patch.id yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan penjahit, dan menyusun rancangan implementasi model bisnis women sociopreneurship Patch.id. 

Kegunaan:
Penelitian ini menghasilkan rancangan model bisnis berbasis pengolahan kain perca untuk memetakan solusi yang tepat bagi permasalahan segmen pelanggan dan penjahit yang merupakan target pemberdayaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam mengatasi permasalahan sosial dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelatihan pengolahan kain perca menjadi produk yang memiliki nilai tambah serta pelatihan lain dalam program pemberdayaan. Bagi target pemberdayaan, penelitian ini dapat menjadi referensi dalam pengolahan limbah kain perca yang ada agar memiliki added value. Bagi kalangan akademisi, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk keperluan studi terkait. 

Keunggulan:
Penelitian ini menggunakan metode customer discovery dengan pendekatan riset aksi. Hasil penelitian ini merupakan hasil survei yang telah terkonfirmasi melalui 4 tahapan customer discovery, yaitu pembuatan hipotesis model bisnis, uji masalah, uji solusi, dan verifikasi model bisnis. Tahapan ini menghasilkan model lean canvas valid yang telah terverifikasi melalui tahapan-tahapan sebelumnya.



Published Date : 19-Nov-2020