Fakultas Peternakan IPB University Gelar The 2nd ICARE 2024

Fakultas Peternakan IPB University Gelar The 2nd ICARE 2024

Fakultas Peternakan, ICARE 2024
Berita

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University sukses menggelar The 2nd International Conference on Sustainable Animal Resource and Environment (ICARE 2024). Acara ini berlangsung selama dua hari (16-17/10), dengan tema ‘Fostering Resilience: Animal Environmental Research and Technology for Sustainable Production’. Konferensi ini diadakan di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Indonesia.

Dalam sambutannya, Dekan Fapet IPB University, Dr Idat Galih Permana, menyampaikan bahwa ICARE ke-2 merupakan wujud komitmen Fapet sebagai institusi pendidikan unggul di bidang peternakan untuk terus berkontribusi kepada komunitas ilmiah dan sosial melalui diseminasi hasil penelitian.

“Sejak tahun 2009, kami telah konsisten menyelenggarakan seminar internasional yang membahas industri peternakan. ICARE sendiri bermula pada tahun 2021 sebagai transisi dari International Seminar on Animal Industry (ISAI), dengan memperluas cakupan publikasi dan tetap mempertahankan integritas ilmiah di bidang ilmu peternakan,” jelasnya.

Konferensi tahun ini menyoroti tema ‘Membina Ketahanan: Penelitian dan Teknologi Lingkungan Hewan untuk Produksi Berkelanjutan’. Tema ini menekankan pentingnya solusi inovatif dan berkelanjutan dalam industri peternakan.

Mengingat meningkatnya tantangan seperti perubahan iklim, pertumbuhan populasi, dan ketahanan sistem produksi, tema ini mengajak peserta untuk mengeksplorasi bagaimana penelitian dan teknologi dapat berkontribusi pada kelestarian lingkungan serta menjamin keberlanjutan produksi sumber daya hewan.

Prof Jakaria, Ketua Panitia ICARE 2024, menjelaskan bahwa acara ini merupakan hasil kerja sama antara Fapet IPB University dan Himpunan Ilmuwan Peternakan Indonesia (HILPI).

“Kami berharap seminar ini dapat memberikan ide-ide baru serta menjalin kolaborasi yang akan mendorong pengembangan industri peternakan yang selaras dengan kesejahteraan hewan, lingkungan, dan kesehatan manusia di masa depan,” ujarnya.

Acara dibuka secara simbolis oleh Sekretaris Institut IPB University, Prof Agus Purwito bersama Dekan Fapet IPB University, Dr Idat Galih Permana.

ICARE 2024 menghadirkan dua keynote speaker, yaitu Direktur Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Dr drh Agung Suganda, serta Prof Ermias Kebreab dari University of California (UC) Davis, Amerika Serikat. Dalam presentasinya, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan menyampaikan program-program pemerintah dalam meningkatkan produksi ternak untuk mempersiapkan program makan siang bergizi dari pemerintahan baru.

Pada plenary session, terdapat enam pembicara dari lima negara, yaitu Dr Muhammad Jasim Uddin (Australia), Dr (MA) Maja Slingerland (Belanda), Prof Dewi Apri Astuti (Indonesia), Prof Myunggi Baik (Korea), Prof Satoshi Koike (Jepang), dan Prof Kazuhito Fujiyama (Jepang).

Selama dua hari konferensi, lebih dari 70 makalah penelitian dipresentasikan oleh peserta dari berbagai negara seperti Hungaria, Malaysia, Filipina, Myanmar, dan Indonesia.

Para peserta memberikan presentasi lisan yang mencakup topik seperti sumber daya genetik hewan yang berkelanjutan, sistem produksi hewan cerdas dan manajemen, sumber daya pakan ramah lingkungan dan nutrisi, teknologi produk hewan mutakhir, serta kesejahteraan, kesehatan, dan lingkungan hewan. Acara ini juga menampilkan sesi poster serta pameran jurnal dan produk. (Femmy/Rz)