SBRC IPB University Bersama PT Multi Hanna Kreasindo Kembangkan Inovasi Pemanfaatan Limbah Glycerine Pitch

SBRC IPB University Bersama PT Multi Hanna Kreasindo Kembangkan Inovasi Pemanfaatan Limbah Glycerine Pitch

SBRC IPB University Bersama PT Multi Hanna Kreasindo Kembangkan Inovasi Pemanfaatan Limbah Glycerine Pi
Berita

Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi atau Surfactant And Bioenergy Research Center (SBRC) IPB University menandatangani kerja sama dengan PT Multi Hanna Kreasindo Tbk. Kerja sama ini dalam upaya pengembangan inovasi pemanfaatan limbah glycerine pitch sebagai katalis karbon gliserol.

Dr Meika Syahbana Rusli, Kepala SBRC IPB University, mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah salah satu bentuk nyata dari penerapan inovasi hasil riset ke industri. Ia menyebut, melalui kolaborasi dengan PT Multi Hanna Kreasindo Tbk, pihaknya yakin bahwa penelitian yang dilakukan dapat memberikan dampak nyata, baik dari sisi inovasi teknologi maupun manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat luas.

Dosen IPB University itu mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah industri, khususnya glycerine pitch menjadi katalis karbon berbasis gliserol. Ia menyebut, glycerine pitch memainkan peran penting dalam industri, terutama sebagai katalisator untuk menghasilkan berbagai produk yang bernilai ekonomi seperti bahan bakar, perfumery, makanan, dan farmasi.

“Pengembangan dan inovasi ini diharapkan menjadi solusi praktis pemanfaatan glycerine pitch menjadi produk yang lebih bernilai secara ekonomi, bermutu baik, ramah lingkungan, dan dapat dikomersialisasikan,” kata Dr Meika Syahbana.

Sementara, Yuliandri Matalata, General Manager PT Multi Hanna Kreasindo Tbk, menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya lokal dan mendukung inovasi hijau yang berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa dengan dukungan riset dari Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi IPB University, kami dapat mengubah limbah menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah tinggi serta sejalan dengan misi perusahaan untuk menjaga keseimbangan lingkungan,” ujarnya.

PT Multi Hanna Kreasindo Tbk dan SBRC IPB University berharap bahwa proyek ini akan menjadi pionir dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan di Indonesia. (*/ra)