Prodi TPL Sekolah Vokasi IPB University Bangun Website untuk Media Promosi Agro Eduwisata Mulyaharja

Prodi TPL Sekolah Vokasi IPB University Bangun Website untuk Media Promosi Agro Eduwisata Mulyaharja

Prodi TPL Sekolah Vokasi IPB University Bangun Website untuk Media Promosi Agro Eduwisata Mulyaharja
Berita

Dalam rangka mendukung potensi pariwisata lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, tim dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TPL) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pelatihan penggunaan website (9/10).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memperkenalkan destinasi Agro Eduwisata Organik (AEWO) Mulyaharja dan wisata lainnya yang terletak di Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, seperti Saung Eling dan Lembah Fatamorgana ke masyarakat luas melalui platform digital.

Mulyaharja dikenal dengan keindahan alamnya serta potensi agrowisata yang memiliki daya tarik besar bagi wisatawan. Namun, potensi besar ini masih belum sepenuhnya tereksplorasi karena kurangnya promosi dan aksesibilitas informasi yang memadai.

Oleh karena itu, tim dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Prodi TPL membuat sebuah website yang dapat menjadi jendela informasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung yang dapat diakses di www.wisatamulyaharja.com.

Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pelatihan penggunaan website bagi pengelola wisata Mulyaharja dan PIC Kelurahan Mulyaharja mengenai penggunaan website baik dari sisi back end maupun front web aplikasi.

Tim dosen Sekolah Vokasi IPB University yang hadir terdiri dari Ketua Prodi TPL Medhanita Dewi Renanti, SKom, MKom, Sekretaris Prodi Aditya Wicaksono, SKomp, MKom, serta tim dosen Nur Aziezah, MSi dan Dra Irma RG Barus, MA.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Lurah Mulyaharja Indra Permana, SH, MH, Sekretaris Lurah Taufik Hidayat, SAP, serta jajarannya untuk memberikan feedback serta kritik dan saran dalam pengembangan dan pengelolaan website. Dengan demikian, website yang dihasilkan dapat digunakan dan bermanfaat secara maksimal bagi pengguna situs website wisata Mulyaharja.

Medhanita selaku Ketua Prodi TPL Sekolah Vokasi IPB University mengatakan, website ini dirancang untuk menyajikan informasi mengenai destinasi wisata, fasilitas yang tersedia, hingga pengetahuan mengenai produk-produk yang dihasilkan di kawasan wisata Mulyaharja.

“Kami berharap dengan adanya website ini, potensi wisata Mulyaharja dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi salah satu destinasi unggulan di Kota Bogor. Selain itu, website ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar dengan mempromosikan produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Mulyaharja. Insyaallah tahun depan juga akan dibuat Virtual Reality dan Augmented Reality yang akan diintegrasikan ke web wisatamulyaharja,” ujar Medhanita selaku Ketua Prodi TPL Sekolah Vokasi IPB University.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu menarik pengunjung wisata yang lebih luas sehingga seiring berjalannya waktu turut dapat membuka peluang kerja baru di sektor pariwisata. Juga memperkuat jaringan pemasaran bagi produk-produk lokal yang dihasilkan sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Mulyaharja pun akan turut meningkat. (*/Rz)