NITW’s SDGs Summer School IPB University Jadi Ajang Mahasiswa NIT Wakayama Belajar tentang Indonesia

NITW’s SDGs Summer School IPB University Jadi Ajang Mahasiswa NIT Wakayama Belajar tentang Indonesia

NITW's SDGs Summer School IPB University Jadi Ajang Mahasiswa NIT Wakayama Belajar tentang Indonesia
Berita

IPB University sukses menyelenggarakan program NITW’s SDGs Summer School. Kegiatan ini diikuti oleh 7 mahasiswa dari National Institute of Technology (NIT) Wakayama, Jepang, serta 6 mahasiswa dari IPB University. Program ini didampingi oleh Dr Beginer Subhan (IPB University-NIT Wakayama), Prof Yuichi Akasaki (NIT Wakayama), dan Dr Arisa Kawasaki (NIT Wakayama).

Dengan tema ‘National Institute of Technology (KOSEN), Wakayama College Learns About Indonesia’s SDGs Initiatives: From the Mountains to the Sea’, para peserta mendalami berbagai aspek dari inisiatif Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Program dimulai dengan kunjungan ke Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University. Di sini, para peserta diperkenalkan dengan laboratorium Instrumentasi dan Robotika Kelautan di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), serta kolam percobaan di Departemen Budidaya Perairan (BDP). Mahasiswa NIT Wakayama terlihat antusias mempelajari teknologi kelautan yang dikembangkan di IPB University.

Kegiatan dilanjutkan dengan perjalanan ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Peserta belajar tentang budaya pesisir, snorkeling di Pulau Air, dan konservasi penyu di Taman Nasional Kepulauan Seribu. Salah satu kegiatan utama adalah pelatihan restorasi terumbu karang bersama Komunitas Smiling Coral Indonesia. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk langsung terlibat dalam upaya pelestarian ekosistem laut.

Selain itu, para peserta mengunjungi Desa Budaya Sindangbarang, Bogor, untuk mempelajari budaya Sunda, termasuk tarian, musik, makanan, dan permainan tradisional. Ini memberikan wawasan lebih dalam mengenai keberagaman budaya Indonesia.

Prof Yuichi Akasaki, Direktur Kerjasama Internasional NIT Wakayama, menyatakan rasa terima kasihnya kepada IPB University. “Kami sangat berterima kasih atas kesediaan IPB University menerima mahasiswa kami untuk belajar di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FPIK IPB University, Prof Fredinan Yulianda, menyambut baik program ini dan berharap kerja sama antara kedua institusi dapat terus berlanjut.

Dr Syamsul Bahri Agus, Ketua Departemen ITK IPB University juga menyampaikan harapannya agar mahasiswa NIT Wakayama mendapatkan pengalaman berharga selama di IPB University dan membawa kesan positif tentang Indonesia. (*/Rz)