Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Sosialisasi Penggunaan SIMONEV untuk Fakultas dan Sekolah

Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Sosialisasi Penggunaan SIMONEV untuk Fakultas dan Sekolah

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan sosialisasi pengembangan penggunaan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi (SIMONEV) di Grand Savero, Bogor (4/10).
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan sosialisasi pengembangan penggunaan Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi (SIMONEV) di Grand Savero, Bogor (4/10). Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Dr Yani Nurhadryani (Pengembang SIMONEV) dan Effi Hariyadi, SM, MSi (Penyelia Input Data dan Evaluasi Akademik SPs).

SIMONEV dikembangkan sejak tahun 2019 untuk mengetahui perkembangan dalam mendukung proses evaluasi kinerja secara efisien. Selain itu, saat ini sistem SIMONEV ini juga menyajikan data dengan cepat dan terintegrasi dengan sistem lain yang ada di IPB University.

Wakil Dekan SPs IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni), Prof Yusli Wardiatno dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar admin fakultas dan sekolah dapat meningkatkan pelayanan terhadap stakeholders. Ia menyebut, saat ini IPB University sangat bersyukur memiliki sistem seperti SIMONEV yang bisa mempermudah informasi monitoring dan evaluasi.

“Menurut salah satu mitra kerja sama SPs, yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, bahwa kelebihan SPs IPB University saat ini memiliki sistem monitoring dan evaluasi yang sangat baik dibandingkan dengan universitas lainnya. Tentunya kita perlu bersama-sama terus mengembangkan sistem SIMONEV agar menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Dr Yani Nurhadryani menjelaskan terkait perkembangan SIMONEV. Tujuan utama dalam pengembangan sistem SIMONEV salah satunya ingin memonitor mahasiswa magister dan doktor sesuai kebutuhan.

Kebutuhan SIMONEV semakin berkembang. Untuk tahun 2024 ini, SIMONEV ditambahkan optimasi pembuatan surat, efisiensi manajemen arsip surat, dan pengelolaan peran admin fakultas.

“SIMONEV ini bisa dimanfaatkan oleh stakeholders internal pascasarjana dengan fokus utamanya sebagai manajerial secara internal, yaitu mahasiswa, dosen pembimbing, fakultas, dan program studi,” jelasnya.

Effi Hariyadi, SM, MSi menambahkan bahwa SIMONEV telah membawa kemudahan dalam mengelola dan memantau mahasiswa. Fitur seperti persuratan memberikan nilai tambah dengan mengotomatiskan distribusi hasil evaluasi kepada mahasiswa secara real-time melalui surat digital.

Ia mengatakan, pengembangan SIMONEV saat ini diperluas, tidak hanya di SPs sebagai pengelola utama tetapi juga di tingkat fakultas dan sekolah dengan pengalihan beberapa wewenang dari SPs IPB University. “Pengembangan SIMONEV ini merupakan respons terhadap kebutuhan modernisasi manajemen surat-menyurat dalam evaluasi mahasiswa, pengarsipan digital, dan pengelolaan peran admin yang lebih fleksibel,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan ini Rudi Irawan, SP, MSi (Kepala Tata Usaha SPs), Nur Sulianti Suci Pertiwi, SP (Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kemahasiswaan), Fatmasari Siregar, SP, MM (Kepala Sub Bagian Humas, Kerjasama dan Penerimaan Mahasiswa Baru), Nana Yuana (Kepala Sub Bagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum) serta seluruh Kepala Tata Usaha Fakultas dan Sekolah. (HBL/Rz)