IPB University Salurkan Santunan Anak Yatim Tahap Kedua di Desa Lingkar Kampus

IPB University Salurkan Santunan Anak Yatim Tahap Kedua di Desa Lingkar Kampus

IPB University Salurkan Santunan Anak Yatim Tahap Kedua di Desa Lingkar Kampus
Berita

IPB University melalui Unit Wakaf dan Dana Sosial menyalurkan santunan kepada para anak yatim lingkar kampus di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Dramaga, (1/10). Program IPB Peduli Santunan Anak Yatim kali ini merupakan penyaluran tahap kedua, setelah sebelumnya didistribusikan pada bulan Ramadan lalu.

Rina, Wakil Kepala SMP Negeri 1 Dramaga bidang Hubungan Masyarakat mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada IPB University atas dilaksanakannya program ini. Hal serupa juga ia sampaikan kepada para donatur yang telah menyisihkan rezekinya untuk anak-anak yatim di sekolah.

“Semoga santunan ini bermanfaat dan mendukung mereka menjadi anak-anak yang salih, salihah, serta sukses di masa depan,” ujarnya.

Dr Alla Asmara, Kepala Unit Wakaf dan Dana Sosial IPB University, dalam kesempatan itu menjelaskan, Program IPB Peduli Santunan Anak Yatim, merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada anak-anak yatim di lingkar kampus.

“Alhamdulillah, tahun ini kami bisa melaksanakan santunan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, kami telah mendistribusikan bantuan kepada 1.008 anak yatim selama bulan Ramadan,” ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa target untuk tahun 2024 adalah memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim, dengan bantuan sebesar Rp350.000 per anak. Total dana yang berhasil dihimpun dari para donatur mencapai lebih dari Rp500 juta.

“Untuk tahap kedua, santunan diberikan kepada 482 anak yatim yang tersebar di 29 sekolah dasar (SD) dan 9 SMP, dengan prioritas untuk anak-anak yang baru masuk sekolah. Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu mereka memenuhi kebutuhan seperti seragam dan buku,” imbuhnya.

Dr Alla juga menginformasikan bahwa IPB University sedang mengembangkan program wakaf produktif untuk meningkatkan kemandirian dalam menghimpun dana. Di akhir sambutannya, ia menyampaikan harapan agar kegiatan ini menjadi amal ibadah dan memotivasi semua pihak untuk memperhatikan anak-anak yatim.

Prof Iskandar Z Siregar, Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama, dan Alumni yang turut hadir menekankan pentingnya peran pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa, terutama bagi anak-anak yatim yang baru memulai perjalanan pendidikan mereka.

“Di sini, IPB University berkomitmen untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa melalui program-program seperti IPB Peduli. Acara ini tidak hanya menjadi momen berbagi, tetapi juga motivasi bagi para siswa untuk terus belajar dan meraih cita-cita mereka,” ujarnya.

Prof Iskandar menyampaikan bahwa dana yang terkumpul untuk santunan anak yatim melebihi target, sehingga dapat menjangkau lebih banyak penerima manfaat. “Kami berupaya menghimpun dana untuk kegiatan-kegiatan sosial seperti ini,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan anak-anak untuk memiliki cita-cita dan mimpi dalam menempuh pendidikan tinggi. Ia menutup sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada SMP Negeri 1 Dramaga dan semua pihak yang berkontribusi dalam acara ini, berharap agar IPB University terus maju dan memberikan manfaat bagi masyarakat. (Ns/Rz)