P2SDM IPB University Jalin Kerja Sama dengan Brunei Darussalam di Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

P2SDM IPB University Jalin Kerja Sama dengan Brunei Darussalam di Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

P2SDM IPB University Jalin Kerja Sama dengan Brunei Darussalam di Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Berita

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) IPB University melakukan kunjungan resmi ke Brunei Darussalam dalam rangka inisiasi kerja sama di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kunjungan ini dilakukan ke dua institusi penting, yaitu Jabatan Perkhidmatan Pengurusan di bawah Jabatan Perdana Menteri (23/9) dan Sultan Hassanal Bolkiah Institute of Education (SHBIE) di Universitas Brunei Darussalam (24/9).

Kunjungan ke Jabatan Perkhidmatan Pengurusan berlangsung produktif. Kedua pihak membahas berbagai potensi kerja sama dalam peningkatan kapasitas SDM, baik di sektor publik maupun swasta. P2SDM IPB University dan pihak Jabatan Perkhidmatan Pengurusan mengidentifikasi berbagai program pelatihan dan pengembangan yang relevan untuk memperkuat kompetensi profesional tenaga kerja di berbagai bidang. Kunjungan ini diterima langsung oleh pimpinan lembaga, Akramin bin Awang Hj Ash’ari dan tim.

Selanjutnya, pertemuan dengan SHBIE membahas potensi kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pelatihan, khususnya pada upaya peningkatan kapasitas SDM di sektor pendidikan. Diterima oleh Dr Hjh Hardimah binti Hj Mohd Said (Dean SHBIE), Dr Siti Norhedayah Haji Abdul Latif (Vice Dean Academic and Student Affair), dan Dr Roslinawati binti Mohd Rosla (Vice Dean Research and Innovation).

Diskusi ini mencakup pelaksanaan pelatihan bagi para pimpinan dan staf pemerintah daerah di wilayah Kabupaten Bogor, pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian kolaboratif, serta pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri di era digital.

Dr Amiruddin Saleh, Kepala P2SDM IPB University, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan langkah awal yang strategis dalam membangun kemitraan yang kuat dengan Brunei Darussalam. “Kami sangat antusias dengan prospek kerja sama yang dapat mendukung peningkatan kualitas SDM, baik di Indonesia maupun Brunei. Penguatan SDM merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan global di masa depan,” ungkapnya.

Senada dengan Kepala P2SDM, Dr Yulina Eva Riany, Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan SDM P2SDM IPB University juga menyampaikan bahwa kedua pertemuan ini diharapkan dapat menjadi fondasi bagi kerja sama yang lebih luas di masa mendatang, khususnya di penelitian terutama dalam bidang pengembangan kapasitas SDM yang berkelanjutan.

Kunjungan P2SDM IPB University ke Brunei Darussalam ini juga merupakan bagian dari komitmen IPB University untuk terus memperluas jejaring internasional dan menjalin kerja sama strategis dengan berbagai lembaga di luar negeri, khususnya dalam bidang pengembangan SDM.

Hadir pula dalam kunjungan ini Dadang Irfan (Kepala Dinas SDM Kabupaten Bogor), Dr Hudi Santoso (Ketua Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University), Dr Wahyu Budi Priatna, Dr David Rizar, dan Dr Johan Wetik.