Museum dan Galeri IPB Future Sambut Delegasi 13th Asian Universities Forum

Museum dan Galeri IPB Future Sambut Delegasi 13th Asian Universities Forum

Museum dan Galeri IPB Future Sambut Delegasi 13th Asian Universities Forum
Berita

Para pimpinan universitas se-Asia beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Museum dan Galeri IPB Future. Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam acara 13th Asian Universities Forum (AUF) yang bertajuk ‘Advancing Innovation and Universities Industry Partnership to Shape Higher Education’.

Pada tahun ini, IPB University dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan AUF. Forum ini menghadirkan perwakilan-perwakilan anggota AUF yang berasal dari berbagai negara di wilayah benua Asia. Kedatangan para peserta AUF ke Museum dan Galeri IPB Future didampingi oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria dan tim Direktorat Konektivitas Global.

“Para tamu ini merupakan delegasi acara 13th AUF. Ada sebanyak 42 peserta dari 17 universitas di kawasan Asia yang berpartisipasi dalam acara ini,” ucap Dr Eva Anggraini, Direktur Konektivitas Global IPB University saat berkunjung ke Museum dan Galeri IPB Future.

Sebelum memulai tur museum, para peserta AUF dibagi menjadi dua kelompok. Pembagian ini dilakukan untuk mempermudah jalannya tur serta memberikan pengalaman yang lebih personal selama kunjungan. Tur berlangsung sekitar 20-25 menit, para peserta didampingi oleh edukator dan kurator yang memberikan penjelasan rinci mengenai koleksi museum dan informasi tentang sejarah IPB University dari masa ke masa, perkembangan institusi ini hingga saat ini, serta harapan-harapan untuk masa depan.

Dalam kesempatan ini, Wakil Kepala Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD) sekaligus Kepala Museum dan Galeri IPB Future, Dr Syafitri Hidayati, turut mendampingi rombongan peserta AUF selama tur. Para peserta diajak berkeliling ke seluruh area museum, termasuk area J yang membahas berbagai kerja sama yang telah dilakukan oleh IPB University.

“Ruang ini menceritakan tentang lima kerja sama besar yang dilakukan oleh IPB University, baik kerja sama antar pemerintah (government to government) maupun antar universitas (university to university),” papar Dr Syafitri kepada para delegasi AUF saat berada di area kerja sama.

Lebih lanjut, Dr Syafitri menyampaikan harapannya, “Semoga IPB University dapat menjalin kerja sama yang sukses dengan kampus-kampus delegasi AUF di masa depan, menciptakan prestasi yang gemilang, serta menjadi bagian dari sejarah yang tertulis di Museum dan Galeri IPB Future.

Sinergi antara universitas-universitas tersebut, kata dia, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas, memperkuat peran IPB University di dunia akademis, dan mendorong kontribusi yang lebih signifikan di tingkat global.

Selama kunjungan di Museum dan Galeri IPB Future, para delegasi AUF dapat mencoba berbagai fasilitas yang ada. Salah satunya ialah bermain Virtual Campus Tour (VCT). VCT merupakan layanan unggulan yang dimiliki oleh Museum dan Galeri IPB Future. Para peserta AUF dapat melihat seluruh area kampus IPB University melalui VCT tanpa harus berkunjung secara langsung ke lokasi. Para peserta kegiatan AUF juga dapat mengeksplorasi seluruh koleksi digital milik Museum dan Galeri IPB Future.

Pada akhir sesi kunjungan, para delegasi AUF berkumpul di area lobi museum untuk melakukan sesi foto bersama. Sebagai kenang-kenangan khas IPB University, para delegasi diberikan topi produksi Botani Merchandise. Topi tersebut merupakan cinderamata yang mencerminkan identitas IPB University dan menjadi simbol persahabatan serta kolaborasi yang telah terjalin antara IPB University dan peserta delegasi AUF. (*/Rz)