Prodi PSL IPB University Hadiri Rakernas Perkumpulan Prodi Ilmu Lingkungan Seluruh Indonesia

Prodi PSL IPB University Hadiri Rakernas Perkumpulan Prodi Ilmu Lingkungan Seluruh Indonesia

Prodi PSL IPB University Hadiri Rakernas Perkumpulan Prodi Ilmu Lingkungan Seluruh Indonesia
Berita

Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menghadiri International Conference dan Rapat Kerja Nasional XI Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan seluruh Indonesia (PEPSILI). Rakernas mengambil tema Harmonisasi Tata Lingkungan Berkelanjutan Berbasis Penilaian Dampak Lingkungan, berlangsung di Universitas Udayana, Bali.

Delegasi Prodi PSL terdiri dari Prof Widiatmaka (Ketua Prodi Doktor PSL), Prof Lina Karlinasari (Sekretaris Prodi Doktor PSL), Prof Hadi Susilo Arifin (Ketua Prodi Magister PSL), Prof Efi Yuliati Yovi (Sekretaris Prodi Magister PSL) serta staf tenaga kependidikan Herlin Anggreayani, SP dan Subur, SE.

PEPSILI merupakan organisasi yang menjadi wadah dan jaringan kerja sama antar seluruh prodi ilmu lingkungan di Indonesia, didirikan pada tanggal 23 April 2018 di Jakarta. Organisasi ini beranggotakan prodi ilmu lingkungan dari program sarjana, magister sampai doktor. Selain menjadi wadah bagi prodi ilmu lingkungan, organisasi ini juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dalam pertemuan di Bali ini, hari pertama dilangsungkan seminar internasional, dilanjutkan dengan ekskursi untuk meninjau lokasi konservasi mangrove dan coral reef pada hari kedua. Pada hari ketiga, peserta diberikan paparan oleh Direktur Inventarisasi dan Pemantauan Sumberdaya Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta ahli pengelolaan transportasi berkelanjutan. Acara rakernas sendiri berlangsung pada hari ketiga.

Prof Widiatmaka menyampaikan bahwa fokus utama dari pertemuan kali ini adalah untuk merespon tantangan dan prospek akademisi dalam rangka menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak. Hal itu bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam pemecahan masalah lingkungan global dan penyiapan sumber daya manusia di bidang lingkungan.

“Secara umum rangkaian kegiatan ini memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengembangan Prodi PSL SPs IPB University ke depannya,” ujarnya. (HBL/Rz)