GLOBE Talent Pool: Kolaborasi IPB University dan Schoters by Ruangguru, Persiapkan Mahasiswa Siap Kuliah ke Luar Negeri

GLOBE Talent Pool: Kolaborasi IPB University dan Schoters by Ruangguru, Persiapkan Mahasiswa Siap Kuliah ke Luar Negeri

GLOBE Talent Pool Kolaborasi IPB University dan Schoters by Ruangguru, Persiapkan Mahasiswa Siap Kuliah ke Luar Negeri
Berita

IPB University telah memulai kegiatan mentoring GLOBE Talent Pool yang bekerja sama dengan Schoters by Ruangguru. Melalui koordinasi Direktorat Pendidikan Internasional, program ini diikuti oleh 37 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan di IPB University.

Puji Mudiana, SP, MA selaku Direktur Pendidikan Internasional IPB University, menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam meraih peluang pendidikan internasional melalui dua program utama, yaitu Study Abroad Academy (SAA) session dan IELTS Preparation.

“Pada sesi SAA, mahasiswa diberikan bimbingan mendalam tentang berbagai aspek penting dalam proses pendaftaran studi ke luar negeri. Bimbingan ini mencakup tanya jawab seputar studi ke luar negeri, diskusi minat dan tujuan studi, pendaftaran program beasiswa, tujuan dan timeline, serta pencarian profesor pembimbing,” urai Puji.

Peserta juga diberikan informasi mengenai daftar negara dan kampus tujuan, serta panduan dalam pendaftaran beasiswa dan kampus tujuan. Tidak hanya itu, program SAA juga menyediakan layanan penyusunan dokumen persyaratan beasiswa seperti esai dan CV akademik.

“Para peserta diwajibkan untuk mengisi formulir dan mengunggah dokumen mereka sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Setiap dokumen akan melalui proses review, dan peserta akan menerima catatan untuk revisi yang harus dilakukan,” imbuhnya.

Selain SAA, program mentoring ini juga mencakup sesi persiapan IELTS. Mahasiswa menerima pelatihan intensif yang terdiri dari sesi tatap muka secara online dan simulasi tes. Program ini mencakup 31 jam pelatihan wajib dan 4 jam simulasi tes, yang dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu selama program berlangsung. Peserta akan mengikuti dua kali simulasi tes, yaitu pre-test dan final test untuk mengukur perkembangan kemampuan mereka.

Dalam sesi persiapan IELTS, peserta akan belajar mengenai empat keterampilan utama yang diuji dalam tes, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Schoters by Ruangguru menyediakan materi dan kuis asinkronus yang dapat diakses oleh peserta kapan saja. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berlatih langsung dengan tutor.

Puji berharap program mentoring ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para peserta dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan global. Dengan demikian, program ini menjadi langkah awal yang penting dalam membantu mahasiswa IPB University meraih kesuksesan di kancah global.

“Kami percaya bahwa melalui kolaborasi dengan Schoters by Ruangguru, para mahasiswa IPB University akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mencapai cita-cita akademik mereka serta mendapatkan paparan secara internasional,” tuturnya. (*/Rz)