Pemkab Rote Ndao NTT Lakukan Penandatanganan MoU dengan IPB University, Cocok Kembangkan Agromaritim

Pemkab Rote Ndao NTT Lakukan Penandatanganan MoU dengan IPB University, Cocok Kembangkan Agromaritim

Pemkab Rote Ndao NTT Lakukan Penandatanganan MoU dengan IPB University, Cocok Kembangkan Agromaritim
Berita

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan IPB University. Cakupan kerja sama akan dilaksanakan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. Tak hanya itu, fokus kerja sama mencakpu penerapan inovasi dan pengembangan peternakan, kesehatan hewan, pertanian serta perikanan dan kelautan.

PJ Bupati Rote Ndao NTT, Oder Maks Sombu, SH, MA, MH mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan IPB University. “Kami sangat senang, kedatangan rektor beberapa waktu yang lalu ke Kabupaten Rote Ndao mendapat tindak lanjut dengan penandatanganan kerja sama hari ini,” paparnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan di wilayahnya terdapat ratusan pulau yang tidak berpenghuni tetapi memiliki keindahan alam yang luar biasa. Salah satu potensi unggulan adalah rumput laut yang sudah ekspor ke beberapa negara seperti Hongkong, Thailand, Tiongkok, dan Singapura.

Selain itu, Oder Maks juga menyampaikan potensi lainnya, yaitu padi, sorgum, ayam kampung, sapi, dan domba. Beberapa wilayah juga masih banyak lahan yang belum termanfaatkan.

“Untuk itu, melalui kerja sama dengan IPB University, Rote Ndao sangat membutuhkan pemikiran dan keilmuan dari IPB University agar potensi yang ada dapat berkembang,” harapnya.

Sementara itu, Prof Iskandar Z Siregar, Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan bupati ke IPB University dan telah memberikan gambaran potensi kaitan pertanian, peternakan, dan perikanan di Rote Ndao.

“Beberapa informasi dan potensi lokasi strategis menjadi hal penting. IPB University memiliki konsep yang populer dengan nama agromaritim. Agromaritim satu kesatuan konsep yang terdiri dari pertanian, perikanan, dan peternakan,” jelas Prof Iskandar.

Ia ingin agar fakultas terkait agar bisa bergerak cepat dengan fasilitasi Direktorat Kerjasama. Prof Iskandar juga membuka kemungkinan kerja sama terkait Beasiswa Utusan Daerah (BUD) agar putra-putri terbaik Rote Ndao bisa kuliah di IPB University.

Dalam momen ini, sekaligus dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Fakultas Peternakan, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang dilakukan oleh para wakil dekan bersama dengan Asisten 2 Sekretaris Daerah Rote Ndao. (*/Rz)