Tunjang Karier Mahasiswa dan Alumni, IPB University bersama Bank Syariah Indonesia Gelar Program BSI Rock

Tunjang Karier Mahasiswa dan Alumni, IPB University bersama Bank Syariah Indonesia Gelar Program BSI Rock

Tunjang Karier Mahasiswa dan Alumni, IPB University bersama Bank Syariah Indonesia Gelar Program BSI Rock
Berita

Direktorat Pengembangan Karier, Kewirausahaan, dan Hubungan Alumni IPB University bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) melaksanakan kegiatan BSI Rock (Recruitment on Campus for Knowledge) di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria; Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama, Prof Iskandar Zulkarnaen Siregar. Dihadiri juga Direktur Penjualan dan Distribusi PT Bank Syariah Indonesia, Anton Sukarna beserta jajarannya, serta para mahasiswa dan alumni IPB University.

BSI Rock sendiri merupakan salah satu program BSI dalam rangka mencapai misi menjadi perusahaan pilihan dan kebanggaan para talenta terbaik Indonesia.

Dalam sesi seminar, Anton Sukarna selaku narasumber mengatakan bahwa mahasiswa IPB University harus memiliki keyakinan dengan kemampuan yang dimiliki. Anton juga berpesan bahwa pekerjaan yang dilakukan sebaiknya sejalan dengan passion, bukan sekadar dipaksakan hanya karena untuk menyambung hidup.

Ia berharap, mahasiswa IPB University dapat memiliki pandangan yang lebih mendalam dan tidak hanya mengejar sesuatu tanpa mempertimbangkan apakah itu sesuai dengan nilai-nilai dan minat pribadi mereka.

Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama, dan Alumni, Prof Iskandar Z Siregar berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para mahasiswa dan alumni IPB University.

Fathiya Alfanina, mahasiswa IPB University dari Program Studi Matematika sekaligus peserta dalam kegiatan tersebut berharap dengan adanya program ini bisa mendapatkan pengalaman berharga dan menambah networking. Ia juga berharap bisa mengikuti seleksi Officer Development Program (ODP) BSI hingga selesai.

Pada akhir sesi, Rektor IPB University Prof Arif Satria menyampaikan pesan kepada para mahasiswa dan alumni. Ia menjelaskan bahwa ada lima tipe pegawai dalam perusahaan.

Tipe pertama adalah ‘pegawai wajib’, yaitu pegawai yang ketika tidak hadir, semua orang mencarinya karena memiliki prestasi dan kinerja yang sangat baik. Tipe kedua adalah ‘pegawai sunnah’, yaitu pegawai yang membuat keadaan menjadi lebih baik ketika hadir, tetapi ketidakhadirannya tidak menimbulkan masalah.

Tipe ketiga, lanjut dia, adalah ‘pegawai mubah’, yaitu pegawai yang keberadaannya tidak berdampak signifikan, ada atau tidak ada sama saja. Tipe keempat adalah ‘pegawai makruh’, yaitu pegawai yang sebaiknya tidak hadir. Akan tetapi jika hadir pun tidak menimbulkan masalah. Tipe kelima adalah ‘pegawai haram’, yaitu pegawai yang kehadirannya justru merusak keadaan.

“Minimal Anda menjadi pegawai sunnah kalau belum bisa menjadi pegawai wajib,” ujar Prof Arif Satria.

Program BSI Rock ini bukan hanya untuk proses rekrutmen pegawai, melainkan juga sebagai upaya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah, meningkatkan peluang pendidikan dan pembinaan kepada mahasiswa berprestasi melalui BSI Scholarship. Di samping itu, tentunya dapat memberikan pengalaman kerja dalam perbankan syariah melalui permagangan terstruktur hingga diharapkan lahirnya para future leader yang akan berkontribusi melalui program ODP.

Rangkaian kegiatan pada program BSI Rock antara lain seminar oleh Direktur Penjualan dan Distribusi PT Bank Syariah Indonesia, Anton Sukarna dan sosialisasi program BSI Scholarship, magang terstruktur (BIBIT), dan ODP. Banyak doorprize menarik mulai dari logam mulia, handphone, tabungan, hingga tablet bagi peserta yang aktif bertanya ataupun mampu menjawab pertanyaan. (Shintia/Rz)