Himasiter IPB University Buka Pelatihan Feed Formulation Training 2024

Himasiter IPB University Buka Pelatihan Feed Formulation Training 2024

Himasiter IPB University Buka Pelatihan Feed Formulation Training 2024
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) IPB University akan menggelar acara pelatihan formulasi pakan ternak atau Feed Formulation Training (FFT) 2024. Rencananya, acara akan dilaksanakan secara offline di IPB International Convention Center (IICC), Bogor pada September 2024.

Acara yang rutin digelar setiap tahunnya ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang ransum pakan yang tepat untuk hewan ternak. Di samping itu, dalam kegiatan ini turut diperkenalkan teknologi terbaru software linear programming, yaitu Winfeed.

FFT tahun ini diselenggarakan dengan tema ‘Strategi Penyusunan Formulasi Ransum Berbasis Software dengan Pemanfaatan Bahan Pakan Lokal Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Produksi’. FFT 2024 dapat dijadikan sebagai wadah bagi formulator, peternak, mahasiswa, dan bidang lainnya untuk belajar dalam menyusun ransum ternak yang efektif dan efisien.

“Pelatihan formulasi pakan dalam FFT 2024 terdiri dari dua seri yang menarik, yaitu seri ruminansia dan seri unggas. Setiap seri akan memberikan fokus yang mendalam pada formulasi pakan untuk hewan ruminansia dan unggas,” ujar Fauzan Bara Putra, salah satu panitia pelaksana.

“Hal ini adalah kesempatan besar untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan dalam memformulasikan pakan yang tepat untuk berbagai jenis ternak,” imbuhnya.

Ia menuturkan, peserta akan dibimbing oleh dosen-dosen terbaik Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan IPB University. Beberapa dosen pada seri ruminansia terdiri dari Dr Idat Galih Permana, Prof Luki Abdullah, dan Dr Sri Suharti. Sementara pada seri unggas diisi oleh Ir Dwi Margi MS, Prof Sumiati, dan Dr Annisa Rosmalia.

Setiap seri dalam rangkaian acara FFT 2024 terdiri dari dua hari. Untuk seri ruminansia digelar pada tanggal 7-8 September 2024, dan seri unggas dilaksanakan pada tanggal 14-15 September 2024.

Hari pertama pelatihan untuk setiap seri, peserta akan dipaparkan materi pengenalan bahan pakan dan kebutuhan nutrien ternak, pelatihan dan simulasi pembuatan formulasi ransum by Winfeed. Adapun hari kedua pelatihan digelar di Fakultas Peternakan IPB University yang diisi dengan kegiatan demonstrasi mixing pakan.

“Panitia FFT 2024 telah menyiapkan fasilitas yang lengkap untuk memastikan kelancaran acara ini. Peserta akan diberikan akses ke aplikasi Winfeed, serta disediakan video tutorial yang membantu dalam instalasi dan penggunaan aplikasi,” jelas Fauzan.

Selain itu, peserta juga akan diberikan modul software dan database Winfeed yang eksklusif dibuat oleh dosen Fakultas Peternakan IPB University. Benefit lainnya, peserta akan mendapatkan sertifikat dan relasi serta diberi kesempatan untuk berkonsultasi.

“Peserta tidak perlu khawatir apabila mengalami kesulitan, karena panitia telah menyediakan helpdesk mulai tanggal 25 Agustus 2024 dan siap membantu menjawab pertanyaan peserta sepanjang acara,” tuturnya.

Pendaftaran masih dibuka untuk termin ketiga (15-31 Agustus 2024). Informasi lebih lanjut dapat diakses di Instagram FFT @feedformulationtraining atau menghubungi narahubung yang tertera. “Pastikan Anda mengambil kesempatan ini dan mendaftar sekarang,” ajak Fauzan.

Narahubung:
Yasa Galuh Apriliani ( wa.me/6289630705071)
Muhammad Azka Ryfasyach (wa.me/6281290645662 )