Akreditasi Unggul Prodi Doktor PSL IPB University Jadi Daya Tarik Mahasiswa Baru Lanjutkan Studi

Akreditasi Unggul Prodi Doktor PSL IPB University Jadi Daya Tarik Mahasiswa Baru Lanjutkan Studi

Akreditasi Unggul Prodi Doktor PSL IPB University Jadi Daya Tarik Mahasiswa Baru Lanjutkan Studi
Berita

Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan sosialisasi penyambutan dan informasi akademik terhadap mahasiswa baru semester gasal tahun akademik 2024/2025 di Kampus Baranangsiang, Bogor (11/8).

Hadir dalam kegiatan ini Prof Widiatmaka (Ketua Prodi Doktor PSL), Prof Lina Karlinasari (Sekretaris Prodi Doktor PSL), dosen pengajar, tim sekretariat dan mahasiswa Prodi Doktor PSL.

Prodi Doktor PSL merupakan progdi multidisiplin di bawah SPs IPB University yang didirikan pada tahun 1976. Prodi Doktor PSL merupakan prodi pascasarjana yang pertama di IPB University, sekaligus prodi doktor pertama di Indonesia.

Sesuai dengan karakter multidisiplin dari prodi, mahasiswanya berasal dari berbagai disiplin ilmu yang mempelajari aspek ekologi, ekonomi, dan sosial melalui pendekatan sistem maupun permodelan yang terintegrasi.

Prof Widiatmaka dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru. Jumlah mahasiswa baru Prodi Doktor PSL mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hingga saat ini, jumlah mahasiswa aktif adalah sebanyak 157 orang.

Hal tersebut, kata dia, menandakan kualitas Prodi Doktor PSL menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi, salah satunya berkat akreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Hasil akreditasi Prodi Doktor PSL ini merupakan yang ketiga yang diraih setelah tahun 2012 dan 2016. Dalam akreditasi terdahulu, prodi ini selalu mendapatkan akreditasi A yang merupakan akreditasi nasional tertinggi. Akreditasi terbaru yang sekarang diraih ini menggunakan sistem akreditasi baru BAN PT, yakni akreditasi tertinggi adalah Unggul,” ujarnya.

Prof Widiatmaka menambahkan bahwa saat ini Prodi Doktor PSL membuka beberapa jalur pendaftaran, yaitu program by course dan program by research. Prodi Doktor PSL juga membuka Kelas Penyelenggaraan Khusus yang pelaksanaan perkuliahannya pada akhir pekan.

Ia mengurai, mahasiswa baru pada tahun ini sangat beragam dari sisi pembiayaan beasiswanya, yaitu dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), DAAD In-Country/In-Region Scholarship Programme The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA), serta mandiri.

“Adanya beberapa program jalur yang dibuka ini telah memberikan banyak pilihan kepada calon mahasiswa untuk masuk di Prodi Doktor PSL. Banyaknya pemberi beasiswa dengan tujuan Prodi Doktor PSL ini tentunya baik untuk perkembangan prodi. Hal ini menandakan kepercayaan terhadap Prodi Doktor PSL yang semakin meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, Prof Lina Karlinasari menjelaskan bahwa Prodi Doktor PSL memiliki tiga konsentrasi (bidang minat), yakni 1) Kebijakan dan Sistem Manajemen Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 2) Pengelolaan Dinamika Ekosistem dan Jasa Lingkungan, dan 3) Pengelolaan dan Mitigasi Kerusakan Lingkungan, Kebencanaan dan Perubahan Lingkungan Global.

“Mahasiswa tidak perlu khawatir bahwa dalam program multidisiplin akan diminta belajar semuanya, akan tetapi tetap di bidang ilmunya. Pengembangan lebih ke metodologi, agar mahasiswa memahami permasalahan yang bersifat analisis, sintesis dan desain secara terintegrasi, dengan titik berat pada aspek lingkungan, sumber daya alam dan keberlanjutan atau sustainability,” jelasnya. (HBL/Rz)