Tingkatkan Produktivitas Peternakan, Dospulkam IPB University Beri Layanan Kesehatan Ternak Domba di Cilacap

Tingkatkan Produktivitas Peternakan, Dospulkam IPB University Beri Layanan Kesehatan Ternak Domba di Cilacap

Tingkatkan Produktivitas Peternakan, Dospulkam IPB University Beri Layanan Kesehatan Ternak Domba di Cilacap
Berita

Tim Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) IPB University dari Sekolah Vokasi mengadakan kegiatan program layanan kesehatan ternak domba di Desa Jatisari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam menjaga kesehatan ternak. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas peternakan masyarakat yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak.

Tim Dospulkam IPB University, ini diketuai oleh Dr drh Dwi Budiono, beranggotakan Dr Tekad Urip Pambudi Sujarnoko, Dr Novia Amalia Sholeha, dan drh Heryudianto Vibowo, MSi.

Menurut Dr Dwi Budiono, kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang perawatan kesehatan domba. “Pemeriksaan kesehatan umum, penanganan penyakit kulit, dan pemberian obat cacing adalah bagian dari layanan yang kami berikan untuk memastikan domba-domba ini tetap sehat dan produktif,” ujar Dr Dwi.

Dalam program ini, tim dosen juga menangani berbagai penyakit kulit pada domba, seperti dermatofitosis, infestasi ektoparasit, dan scabiosis. Selain itu, mereka memberikan obat cacing untuk mencegah penyebaran endoparasit yang dapat mengakibatkan kerugian ekonomi signifikan bagi para peternak.

“Pemberian obat cacing bertujuan membasmi parasit yang dapat menyebabkan penurunan berat badan hingga kematian pada ternak,” jelas drh Heryudianto Vibowo.

Sukiman, Ketua Paguyuban Peternak Dusun Cibabut, menyatakan bahwa program ini sangat membantu para peternak yang selama ini kesulitan mengakses informasi mengenai kesehatan ternak mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim IPB University karena program ini memberi manfaat besar bagi kami. Sebelumnya, kami tidak memiliki banyak pengetahuan tentang cara merawat ternak dengan benar,” ucap Sukiman.

Selain layanan kesehatan, tim Dospulkam IPB University juga melanjutkan program pelatihan pembuatan pakan silase. Pakan silase dari limbah pertanian terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan bobot badan domba, serta mempermudah para peternak karena mereka tidak perlu mencari pakan segar setiap hari.

Program Dospulkam IPB University ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak di daerah pedesaan dengan memberikan akses layanan kesehatan dan pelatihan yang dapat meningkatkan produktivitas ternak mereka, sekaligus memanfaatkan sumber daya lokal secara lebih efektif. (ASW/Rz)