GuriPop: Inovasi Kreatif Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Ubah Jagung Pakan Jadi Keripik

GuriPop: Inovasi Kreatif Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Ubah Jagung Pakan Jadi Keripik

GuriPop Inovasi Kreatif Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Ubah Jagung Pakan Jadi Keripik
Student Insight

Di Desa Karanganyar, terutama di Pedukuhan Kalisusu, jagung pakan menjadi komoditas utama. Namun, hasil produksi jagung pakan di Kalisusu tidak didukung dengan harga jual yang memadai. Menanggapi masalah ini, kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University di Desa Karanganyar, Kabupaten Tegal, berupaya untuk meningkatkan nilai jual jagung pakan.

Mahasiswa IPB University mengembangkan inovasi berupa makanan ringan berbahan dasar jagung pakan, yakni keripik jagung yang diberi nama GuriPop. Produk GuriPop dibuat dari jagung pakan yang merupakan komoditas utama di Pedukuhan Kalisusu. Produk ini dikenalkan oleh mahasiswa kepada warga Desa Karanganyar lewat acara sosialisasi.

“Tujuan kegiatan adalah untuk menunjukkan kepada ibu-ibu rumah tangga bagaimana cara mengolah jagung pakan menjadi makanan ringan dengan nilai jual yang lebih tinggi. Jagung pakan yang selama ini dijual ke tengkulak hanya dihargai sekitar Rp4.000 per kilogram. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan nilai jual jagung dapat meningkat,” Restu Nur, mahasiswa KKNT Inovasi.

Rahayu, salah satu peserta, mengungkapkan, “Program ini sangat bermanfaat bagi kami, ibu-ibu rumah tangga di Pedukuhan Kalisusu. Selama ini, kami hanya menjual jagung pakan ke tengkulak dengan harga yang sangat rendah. Dengan adanya inovasi GuriPop ini, kami jadi tahu bahwa jagung pakan bisa diolah menjadi keripik yang memiliki nilai jual lebih tinggi.”

Untuk meningkatkan nilai jual produk, mahasiswa IPB University juga menjelaskan pentingnya kemasan dan branding. Mereka menguraikan bagaimana desain kemasan yang menarik dapat mempengaruhi minat beli konsumen, karena kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga sebagai alat komunikasi yang efektif antara produsen dan konsumen.

Alfiah, peserta lainnya, menambahkan, “Penjelasan tentang kemasan dan branding sangat membuka wawasan kami. Kami jadi mengerti bahwa desain kemasan yang menarik bisa sangat mempengaruhi minat beli konsumen. Ini benar-benar menginspirasi kami untuk lebih kreatif.”

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam pengembangan produk olahan jagung yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pedukuhan Kalisusu. Dengan produk GuriPop, diharapkan jagung pakan dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar dan membuka peluang baru bagi masyarakat setempat. Dukungan dan pendampingan dari berbagai pihak diharapkan dapat terus berlanjut agar program ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak positif yang lebih luas. (*/Rz)