DPMA IPB University Resmikan Sekolah Teh di Cianjur: Dukung Wirausaha Muda Kembangkan Produk Teh Eksklusif

DPMA IPB University Resmikan Sekolah Teh di Cianjur: Dukung Wirausaha Muda Kembangkan Produk Teh Eksklusif

DPMA IPB University Resmikan Sekolah Teh di Cianjur Dukung Wirausaha Muda Kembangkan Produk Teh Eksklusif
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University meresmikan Sekolah Teh di Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Program ini bertujuan mencetak wirausaha muda yang kompeten dalam pengembangan produk teh eksklusif.

Tema yang diusung pada tahun ini, ‘Empowering Agro-sociopreneur with Exclusive Tea Development’ mencerminkan visi Sekolah Teh dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam industri teh. Sekolah Teh dirancang untuk memberikan edukasi, peningkatan keterampilan, menciptakan kesadaran, dan mendorong inovasi di bidang teh.

Dalam acara pembukaan, Asisten Direktur Kewirausahaan Sosial DPMA IPB University, Dr Iqbal Irfany bersama Kepala UPTD PP Cempaka Takokak dan Sukanagara serta perwakilan Pemerintah Desa Pasawahan, hadir untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan Sekolah Teh 2024.

“Sekolah Teh ini bukan hanya sekadar pelatihan, tetapi juga sebuah upaya untuk menciptakan wirausaha muda yang dapat mengangkat nilai teh lokal menjadi produk eksklusif yang dikenal di pasar global,” ujar Asisten Direktur Kewirausahaan Sosial DPMA IPB University dalam sambutannya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pengenalan sejarah teh, diikuti dengan pembibitan, pemetikan, pengolahan, penyeduhan, hingga pemasaran teh. Peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli mengenai cara menanam, mengolah, dan membuat teh berkualitas, serta memahami potensi dan tantangan dalam industri teh.

Program ini juga memberikan pelatihan praktis tentang cara membuat teh dengan metode yang tepat, serta meningkatkan kesadaran peserta mengenai berbagai jenis teh dan tantangan yang dihadapi oleh para petani dan pelaku usaha di bidang teh.

“Dengan adanya Sekolah Teh, IPB University berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan industri teh di Indonesia, sekaligus membentuk generasi muda yang siap menjadi agro-sociopreneur di bidang teh,” pungkas Dr Iqbal Irfany. (*/Rz)