Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gandeng Puskeswan Cigudeg, Tingkatkan Kesehatan Ternak di Desa Sukajaya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gandeng Puskeswan Cigudeg, Tingkatkan Kesehatan Ternak di Desa Sukajaya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gandeng Puskeswan Cigudeg, Tingkatkan Kesehatan Ternak di Desa Sukajaya
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskeswan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengadakan program pemberian vitamin dan obat cacing untuk hewan ternak kambing dan domba di Desa Sukajaya.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ternak dan produktivitas ternak guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sukajaya. Program ini berfokus untuk meningkatkan kesehatan pada kambing dan domba agar tidak mudah terkena penyakit seperti gatal (budug), sakit mata, pilek, dan diare yang dapat merugikan hewan ternak dan peternak.

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University berperan aktif dalam membantu pelaksanaan program in, mulai dari pendataan ternak hingga distribusi vitamin dan obat cacing. Sebanyak 114 vitamin dan obat cacing telah diberikan kepada hewan ternak yang berada di kampung Sirnagalih, Sinangka, Cikemang, dan Sidoger.

Selain pemberian vitamin dan obat cacing, mahasiswa KKNT Inovasi dan UPT Puskeswan Cigudeg juga memberikan desinfektan serta edukasi mengenai sanitasi yang baik untuk kandang ternak. Program ini bertujuan untuk menyediakan sanitasi kandang yang layak bagi hewan ternak guna menjaga kesehatan hewan ternak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Program ini sangat penting bagi kesehatan ternak di Desa Sukajaya. Dengan adanya pemberian vitamin dan obat cacing secara rutin, saya berharap ternak-ternak di sini bisa tumbuh sehat dan produktif,” ujar Mamat, Kepala Desa Sukajaya.

UPT Puskeswan Cigudeg sebagai mitra dalam program ini, menyediakan berbagai macam vitamin dan obat cacing yang dibutuhkan. Kepala UPT Puskeswan Cigudeg, drh Muhamad Anis Ardi MAP menjelaskan bahwa pemberian vitamin dan obat cacing ini dapat mencegah berbagai penyakit pada ternak seperti cacingan yang bisa mengganggu pertumbuhan dan produktivitas ternak.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan mahasiswa KKNT Inovasi dan Desa Sukajaya. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi peternak dan ternak di Desa Sukajaya,” kata dia.

Salah satu peternak, Mustofa, mengungkapkan rasa syukurnya atas program ini. “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Ternak saya jadi lebih sehat dan produktif. Saya berharap program seperti ini bisa terus berlanjut,” ujarnya.

Para mahasiswa KKNT Inovasi yang terlibat dalam program ini juga merasa mendapatkan pengalaman berharga. Mereka tidak hanya belajar tentang kesehatan ternak, tetapi juga tentang cara berinteraksi dan membantu masyarakat desa.

“Kegiatan ini memberikan kami kesempatan untuk menerapkan ilmu yang kami pelajari di bangku kuliah. Kami juga belajar tentang kerja sama dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Putri Aulia, ketua kelompok KKNT Inovasi IPB University di Desa Sukajaya

Dengan adanya program pemberian vitamin dan obat cacing ini, diharapkan kesejahteraan peternak di Desa Sukajaya akan meningkat, dan desa ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam menjaga kesehatan ternak. Kerja sama antara Desa Sukajaya, UPT Puskeswan Cigudeg, dan para mahasiswa KKN merupakan langkah positif dalam mewujudkan desa yang lebih sehat dan sejahtera. (*/Rz)