Kolaborasi PSL IPB University bersama Ecologica, Gelar Seminar Nasional dan Expo Week 2024

Kolaborasi PSL IPB University bersama Ecologica, Gelar Seminar Nasional dan Expo Week 2024

Kolaborasi PSL IPB University bersama Ecologica, Gelar Seminar Nasional dan Expo Week 2024
Berita

Program Studi (Prodi) Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL) IPB University bersama Ecologica memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional dengan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Expo Week 2024: Environmental Detox: Connecting With Nature.

Ketua panitia, Asminar, SP, MSi, menyatakan bahwa sebagai puncak rangkaian, Seminar Nasional dan Expo Week 2024 tidak hanya menjadi forum diskusi ilmiah, tetapi juga ruang interaksi bagi berbagai kalangan, baik akademisi, praktisi hingga masyarakat dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai universitas. Ini menunjukkan tingginya antusiasme terhadap isu-isu lingkungan. Keberagaman latar belakang peserta memperkaya perspektif yang dibahas dalam seminar ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, rangkaian diawali dengan penanaman mangrove di Cilacap (18/7), yang menjadi simbol awal gerakan ini. Dilanjutkan dengan penanaman pohon di DAS Ciliwung, Desa Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sereal, Kabupaten Bogor yang didukung oleh PT Mahakam Jaya, PT Geo Silva Nusantara, dan Pertamina. Kegiatan ini menekankan pentingnya konservasi alam yang dimulai dari langkah kecil namun berdampak besar.

Salah satu narasumber, Muhammad Ridwan, SHut, memaparkan presentasinya berjudul ‘Potensi Cadangan Karbon dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan’. Ia menjelaskan bahwa potensi cadangan karbon sangat penting dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, terutama terkait perubahan iklim dan perdagangan karbon.

“Implementasinya menghadapi tantangan utama seperti kebijakan, kelembagaan, dan metodologi yang diperlukan untuk pengukuran, pelaporan, dan verifikasi. Namun, terdapat peluang besar untuk memaksimalkan potensi ini melalui riset, bisnis lingkungan, dan solusi berbasis alam,” sebutnya.

Hasil dari Seminar Nasional dan Expo Week 2024 meliputi poster dan prosiding. Poster-poster tersebut berasal dari alumni PSL, sementara presenternya berasal dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi. Selain itu, seminar ini juga menghasilkan jaringan kolaborasi yang diharapkan akan terus berlanjut dalam aksi nyata demi keberlanjutan lingkungan.

Acara ini membuktikan bahwa kepedulian terhadap lingkungan dapat menyatukan berbagai pihak untuk tujuan bersama, yaitu menjaga dan melestarikan bumi bagi generasi mendatang.

Peserta yang terlibat berasal dari IPB University, Universitas Serang Raya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Darussalam Ambon, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan masyarakat umum. (*/Rz)