Hari Kedua MPKMB SV IPB University, Rektor Tegaskan Urgensi Keterampilan Masa Depan dan Solusi Mikrokredensial

Hari Kedua MPKMB SV IPB University, Rektor Tegaskan Urgensi Keterampilan Masa Depan dan Solusi Mikrokredensial

Hari Kedua MPKMB SV IPB University, Rektor Tegaskan Urgensi Keterampilan Masa Depan dan Solusi Mikrokredensial
Berita

Rektor IPB University, Prof Arif Satria turut memeriahkan hari kedua Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru Sekolah Vokasi (MPKMB SV) IPB University di Gymnasium Sekolah Vokasi, Kampus IPB Cilibende, Bogor (7/8).

Dalam acara tersebut, Prof Arif menekankan pentingnya kesiapan menghadapi perubahan keterampilan di masa depan.

“Keterampilan yang kita miliki saat ini mungkin tidak relevan di masa depan. Bagi mahasiswa, ini berarti sepertiga dari apa yang dipelajari pada tahun pertama kuliah harus diperbarui lagi setahun setelah lulus,” ucap Prof Arif mengutip dari sumber Linkedin.

Prof Arif melanjutkan, demikian pula bagi karyawan yang kerja pada tahun 2020 hanya akan memiliki 66 persen keterampilan yang diperlukan pada tahun 2025.

“Untuk menghadapi perubahan ini, penting untuk terus memperbarui keterampilan. Keterampilan utama yang dibutuhkan dalam pekerjaan akan berubah dalam lima tahun ke depan, sehingga kita perlu siap mempelajari keterampilan baru yang sesuai dengan perkembangan industri yang akan datang,” ujarnya.

Sebagai respon atas kondisi itu, Prof Arif mengatakan bahwa IPB University telah meluncurkan program mikrokredensial, yaitu sertifikasi kompetensi yang diberikan oleh perusahaan setelah mahasiswa menyelesaikan proses pembelajaran praktik dalam waktu singkat.

Sepanjang tahun 2023-2024, IPB University telah memfasilitasi 17.000 akun pengguna mikrokredensial untuk program S1 dan D4.

Program ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi lulusan dengan memanfaatkan lebih dari 21.500 kursus mikrokredensial yang disediakan oleh platform seperti LinkedIn Learning, Coursera, dan Udemy.

“Dengan adanya program ini diharapkan akan memfasilitasi pengembangan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri, meningkatkan daya saing lulusan, dan mendukung pencapaian tujuan karier,” ujarnya.

Pada hari Kedua MPKMB SV IPB University ini, juga hadir beberapa narasumber yang mengisi kuliah umum tentang keterampilan dan keahlian profesi dari alumnus IPB University, CEO dan Owner Chick and Tea, Suma Nugraha. Ada juga talkshow mahasiswa berprestasi 1 Diploma tingkat nasional 2024, Siti Fatimah Zahro. Selain itu, ada juga kuliah umum peran mahasiswa dan menjadi mahasiswa di tanah air yang disampaikan oleh CEO Panti Goceng, Habibul Fuadi Hanif. (dr/Rz)