Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Buat Anak-Anak Suka Matematika

Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Buat Anak-Anak Suka Matematika

Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Buat Anak-Anak Suka Matematika
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University mengadakan program ‘Bring Brighter Future Together’. Program motivasi dan bimbingan belajar (bimbel) ini menekankan pentingnya peran pendidikan dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bersama-sama.

“Program bimbel Bring Brighter Future Together ini kami buat karena melihat antusias dan semangat belajar yang tinggi dari anak-anak di Desa Margamulya, Bandung, Jawa Barat,” ujar Sofi Latifah selaku penanggungjawab program.

Selain itu, menurut anggota tim KKNT Inovasi, Septiani Rizky Dewi, program ini juga dibuat untuk memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran khususnya matematika di sekolahnya melalui berbagai metode dan permainan yang menyenangkan.

Rizky mengurai, program ini dibagi menjadi dua segmen. Segmen pertama dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, dan Jumat di Posko KKNT Inovasi, diikuti oleh lebih dari 20 anak kelas 1 sampai 4 dari SDN Margamulya 01 dan 02. Materi yang diajarkan disesuaikan dengan materi yang diberikan oleh guru di sekolah.

“Selain materi, program bimbel ini juga diselingi dengan kuis dan games yang berkaitan dengan materi yang diajarkan,” jelasnya.

Segmen kedua dilaksanakan selama empat hari yang diikuti oleh puluhan siswa kelas 5 dan 6 dari SDN Margamulya 01 dan 02. Materi yang diajarkan yaitu jarimatika atau cara menghitung khususnya perkalian menggunakan jari tangan.

Selain itu, program ini juga dilengkapi dengan beberapa permainan matematika, di antaranya yaitu Kartu Taktik Hitung, Teka Teki Matematika, Top Ranking.

Rizky menjelaskan, Kartu Taktik Hitung merupakan permainan matematika dengan menggunakan kartu yang berisi angka dan disusun untuk menghasilkan angka yang telah ditentukan menggunakan berbagai operasi bilangan.

“Adapun Teka Teki Matematika merupakan permainan teka teki yang berisi soal-soal operasi bilangan matematika. Kedua permainan ini membutuhkan kerja sama dan kolaborasi antar anggota kelompok. Sementara Top Ranking merupakan kuis individu mengenai materi yang telah diajarkan,” tuturnya.

Kepala SDN Margamulya 02, Herningsih mengaku, “Program ini sangat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran sekolah, khususnya matematika. Sebab, matematika merupakan salah satu kunci penting dalam pendidikan, dan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari.”

“Apalagi ditambah dengan berbagai permainan yang menyenangkan, pasti akan membuat siswa merasa senang dan mudah dalam belajar matematika,” imbuhnya.

Dengan adanya program bimbingan belajar ini, Sofi dan Rizky berharap para siswa di SDN Margamulya 01 dan 02 mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan untuk memudahkan mereka dalam memahami materi pelajaran, khususnya matematika.

“Selain itu, semoga mereka memiliki motivasi dan semangat belajar untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya demi masa depan yang cerah,” harapnya. (*/Rz)