Dosen IPB University Pamerkan Inovasi Produk Sawit dalam Semarak UKMK Sawit Makassar 2024

Dosen IPB University Pamerkan Inovasi Produk Sawit dalam Semarak UKMK Sawit Makassar 2024

Dosen IPB University Pamerkan Inovasi Produk Sawit dalam Semarak UKMK Sawit Makassar 2024
Berita

Dosen IPB University dari Departemen Fisika sekaligus peneliti pada Pusat Studi Sawit, Dr Siti Nikmatin memamerkan inovasi produknya yang berbasis sawit pada acara Semarak Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Sawit Makassar 2024, (1-3/8). Produk inovasi tersebut merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan dan didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Inovasi IPB University yang disajikan pada Semarak UKMK Sawit mulai dari helm Green Composite, produk green fashion, hingga rompi anti peluru.

Dr Siti Nikmatin menjelaskan, helm Green Composite merupakan helm yang menggunakan material biokomposit berbahan serat tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebagai bahan utama pada cangkang helm. Ia menjelaskan, adapun produk Green Fashion mulai dari sepatu, sandal, tas hingga baju juga menggunakan serat TKKS yang telah ditenun sebagai bahan bakunya.

“Sedangkan rompi anti peluru merupakan inovasi terbaru yang menggunakan substitusi serat TKKS hingga 50 persen pada komposisinya. Rompi anti peluru tersebut ringan dan telah diuji tembak menggunakan pistol glock dengan jarak tembak 30 meter,” kata Dr Siti Nikmatin.

Dosen IPB University itu melanjutkan, TKKS merupakan biomass hasil samping produksi crude palm oil (CPO). Menurutnya, keberadaan biomassa TKKS berbanding lurus dengan produksi CPO yang dihasilkan.

“Indonesia merupakan negara produsen minyak sawit terbesar di dunia. Hal tersebut menjadikan Indonesia memiliki ketersediaan biomassa TKKS sangat melimpah. Potensi TKKS tersebut harus dioptimalkan dengan cara mengolahnya menjadi produk yang memiliki nilai tambah,” kata Dr Siti Nikmatin.

Pameran berlangsung meriah dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Asisten II (Ichsan Mustari), Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Dana/Pelaksana tugas (Plt) Direktur Kemitraan BPDPKS (Kabul Wijayanto), Kepala Divisi UKMK BPDPKS (Helmi Muhansyah), Wakapolda Sulsel (Nasri), Irdam Kodam Hasanudin (Dwi Endrosasangko), Kemenkeu Satu Sulsel, Perwakilan BI, LPS, OJK Himbara, Perwakilan Dinas di Provinsi Sulsel, Perwakilan Asosiasi Petani Kelapa Sawit, Perwakilan UKMK Sulsel, berbagai media massa, mahasiswa hingga masyarakat umum. (*/ra/Rz)