Gelar Sharing Session, Alumni Fakultas Peternakan IPB University Berikan Tips Seputar Dunia Kerja

Gelar Sharing Session, Alumni Fakultas Peternakan IPB University Berikan Tips Seputar Dunia Kerja

Gelar Sharing Session, Alumni Fakultas Peternakan IPB University Berikan Tips Seputar Dunia Kerja
Berita

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University bekerja sama dengan PT Medion Farma Jaya (Medion) mengadakan Sharing Session dan rekrutmen pegawai, di Ruang Sidang Fakultas Peternakan, 1/8. Medion merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di industri farmasi peternakan dan telah berdiri sejak tahun 1976. Produk Medion telah didistribusikan ke lebih dari 20 negara di Asia hingga Afrika.

Wakil Dekan Fapet IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Irma Isnafia Arief, mengatakan, “Mencari kerja itu pada akhirnya sesuai dengan karakter masing-masing. Jika karakter kita seorang peneliti, kita akan ketemu bahwa job yang sesuai dengan kita adalah research and development (R&D).”

“Kalau karakter kita itu sukanya komunikasi, maka kita akan ketemu job yang sesuai itu adalah di bidang human resources development (HRD) dan juga public relation (PR),” lanjutnya.

Namun demikian, Prof Irma juga menyatakan karakter tersebut bisa berkembang seiring waktu karena saling membutuhkan. “Jadi jika kita sudah lama bekerja sebagai peneliti, maka suatu saat harus bisa mengemukakan hasil penelitiannya itu pada komunitas yang lebih besar.”

“Demikian juga dengan orang PR atau HRD, dia juga harus melakukan riset kecil-kecilan atau mereview beberapa riset supaya dia bisa menyampaikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh komunitas saat itu,” kata Prof Irma.

Sementara, alumnus IPB University, Neneng Arofah, berbagi pengalaman dan tips dapat berkarier dengan sukses di Medion. Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan beberapa tips untuk persiapan menghadapi dunia kerja.

“Tips dari saya, sebelum wisuda saya menyiapkan diri terlebih dahulu termasuk kesiapan kompetensi seperti hardskill dan softskill, jadi ketika sudah wisuda saya sudah siap untuk bekerja,” tuturnya.

Selain itu, katanya, sewaktu kuliah perlu belajar mengenai hardskill secara teori dan praktik. Di samping itu, kita juga dapat belajar mengenai kedisiplinan dan bekerja dalam tim melalui kegiatan organisasi di kampus.

“Hal tersebut sangat bermanfaat karena saat bekerja di perusahaan, kita tidak hanya menggunakan kompetensi hardskill tetapi juga softskill seperti kemampuan untuk bekerja dalam tim untuk menyelesaikan suatu proyek dengan baik sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan,” ujar Neneng Arofah.

Sheila Fanie Putri selaku HRD Medion menyampaikan bahwa agenda sharing alumni dalam rangkaian rekrutmen ini dilakukan agar para kandidat bisa mengetahui gambaran kerja dari posisi yang ditawarkan. Tidak hanya itu, para kandidat juga bisa lebih mengetahui tentang peluang karier di Medion.

“Lalu pada saat sharing alumni, Neneng menyampaikan juga materi kuliah apa saja yang relevan dengan pekerjaannya sehingga para kandidat bisa mempersiapkan juga untuk menghadapi dunia kerja di Medion,” tuturnya.

Untuk proses rekrutmen, kata Sheila, Medion sudah mengunjungi Fapet IPB University sebelum pandemi COVID-19. “Pada saat pandemi kita ganti jadi online, karena sekarang sudah bisa ke kampus lagi, jadi kita mulai lagi secara offline,” jelasnya.

Sheila juga mengungkapkan Fapet IPB University termasuk kampus yang paling banyak peminatnya pada saat rekrutmen. Ia menegaskan perekrutan ini dilakukan karena alumni dari Fapet IPB University terbukti memiliki kualitas yang sangat baik saat bekerja di Medion. (Femmy/ra/Rz)