Mahasiswa KKNT Internasional IPB University Kenalkan Budaya dan Pendidikan Indonesia pada Muslim Thailand

Mahasiswa KKNT Internasional IPB University Kenalkan Budaya dan Pendidikan Indonesia pada Muslim Thailand

Mahasiswa KKNT Internasional IPB University Kenalkan Budaya dan Pendidikan Indonesia pada Muslim Thailand
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Internasional dari IPB University berhasil memikat hati pelajar di Muslimeen Suksa School, Hatyai, Thailand. Selama 24 hari, mahasiswa IPB University dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen, mengenalkan budaya Indonesia melalui program ‘Exploring The Treasures of Indonesia’.

Fatimah, mahasiswa KKNT Internasional IPB University menjelaskan, berbagai kegiatan menarik digelar dalam program ini. Mulai dari pembelajaran bahasa Indonesia, menggambar dan mewarnai batik, hingga jelajah Indonesia.

“Anak-anak TK diajak belajar huruf, angka, dan lagu anak-anak dalam bahasa Indonesia. Sementara itu, pelajar sekolah dasar mempelajari kosakata sehari-hari, membaca, dan menulis. Pelajar SMP dan SMA diberikan materi yang lebih kompleks seperti percakapan sehari-hari dan tata bahasa,” kata Fatimah.

Fatimah melanjutkan, selain belajar bahasa Indonesia, salah satu kegiatan yang diminati pelajar Muslimeen Suksa School adalah menggambar dan mewarnai batik. Pelajar diajak untuk langsung membuat motif batik Megamendung, mulai dari menggambar hingga mewarnai.

“Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan keindahan seni batik warisan budaya Indonesia, tetapi juga menumbuhkan apresiasi terhadap seni dan kerajinan tangan khas Indonesia,” ujar mahasiswa IPB University dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen ini.

Puncak kegiatan yang diselenggarakan adalah Jelajah Indonesia. Program ini menyajikan informasi lengkap tentang berbagai destinasi wisata, kekayaan budaya, dan peluang pendidikan di Indonesia, termasuk di IPB University. Informasi mengenai beasiswa juga diberikan untuk menarik minat pelajar Thailand melanjutkan studi di Indonesia.

“Kami berharap program ini dapat menumbuhkan minat pelajar Thailand terhadap Indonesia dan membuka peluang bagi mereka untuk melanjutkan studi di Indonesia,” ujar Fatimah, ketua kelompok mahasiswa KKNT Internasional IPB University di Muslimeen Suksa School.

Ia menambahkan bahwa program Exploring The Treasures of Indonesia merupakan bukti nyata dari semangat mahasiswa IPB University dalam mengajar. Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk membuka gerbang ilmu pengetahuan dan memperkenalkan warisan budaya Indonesia kepada dunia. (*/ra/Rz)