Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University di Desa Sukajadi Buat Program Edukasi Sampah dan Kegiatan Kreatif

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University di Desa Sukajadi Buat Program Edukasi Sampah dan Kegiatan Kreatif

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University di Desa Sukajadi Buat Program Edukasi Sampah dan Kegiatan Kreatif
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi dari IPB University telah memulai rangkaian kegiatan edukasi kepada siswa sekolah dasar di wilayah Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran siswa kelas 5 SDN Gadog 03 mengenai edukasi sampah dan kegiatan kreatif dalam mengolah sampah melalui pendekatan edukasi yang interaktif dan praktis.

Lutfi Syahreza Lubis, salah satu anggota mahasiswa KKNT Inovasi menyatakan, kegiatan yang bernama Sukajadi Kreatif ini dilaksanakan selama tiga hari. Rangkaian kegiatan dimulai dengan sesi storytelling atau permainan peran yang menyoroti dampak negatif dari buang sampah sembarangan.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan sosialisasi materi mengenai jenis-jenis sampah, teknik memilah sampah organik dan anorganik, serta pentingnya daur ulang. Kegiatan diakhiri dengan workshop kreatif untuk membuat pot tanaman dari galon bekas dan menanam pohon ketapang kencana.

“Sosialisasi kami tujukan kepada siswa kelas 5 SDN Gadog 03. Dalam sosialisasi ini, para siswa diajarkan cara memilah sampah organik dan anorganik, serta pentingnya daur ulang untuk menjaga kebersihan lingkungan,” jelas Lutfi.

Para siswa terlihat antusias mengikuti penjelasan dan berbagai permainan edukatif yang disiapkan oleh para mahasiswa. Kegiatan hari kedua difokuskan pada upaya kreatif mengurangi sampah plastik dengan menghias galon bekas menjadi pot bunga.

“Mahasiswa bersama siswa kelas 5 SDN Gadog 03 berkumpul di halaman sekolah untuk melakukan kegiatan ini. Sebanyak 6 galon bekas yang sebelumnya tidak terpakai kini berubah menjadi pot bunga yang indah dan fungsional,” sebutnya. Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan baru, tetapi juga menginspirasi siswa untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan barang bekas.

Di hari ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon ketapang kencana. Pohon-pohon ini ditanam menggunakan pot bunga yang telah dihias pada hari sebelumnya. Penanaman pohon ini bertujuan untuk meningkatkan penghijauan di wilayah sekolah serta memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan.

“Dengan semangat gotong royong, para mahasiswa dan siswa kelas 5 SDN Gadog 03 berharap pohon-pohon ini dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi generasi mendatang,” tutur Lutfi.

Ia menambahkan, rangkaian kegiatan KKNT Inovasi di Desa Sukajadi menunjukkan komitmen para mahasiswa IPB University dalam memberikan edukasi lingkungan dan memberdayakan anak-anak melalui kegiatan kreatif dan bermanfaat.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi siswa di SDN Gadog 03 dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di Desa Sukajadi,” pungkasnya.

Eni Ratnaningsih selaku Kepala SDN Gadog 03 menyampaikan, “Saya selaku kepala sekolah berterima kasih kepada mahasiswa KKNT Inovasi IPB University karena telah berkontribusi dan membantu proses pembelajaran di sekolah serta membersamai anak-anak kelas 5 sehingga mereka menjadi lebih kreatif.” (*/Rz)