Mahasiswa IPB University Gandeng Posyandu Usung Gemaik, Upaya Anti Stunting di Desa Karangtengah

Mahasiswa IPB University Gandeng Posyandu Usung Gemaik, Upaya Anti Stunting di Desa Karangtengah

Mahasiswa IPB University Gandeng Posyandu Usung Gemaik, Upaya Anti Stunting di Desa Karangtengah
Student Insight
Mahasiswa IPB University telah menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi berupa kampanye Gemar Makan Ikan (Gemaik) sebagai upaya anti stunting. Program ini berupa sosialisasi anti stunting dan demo masak nugget ikan lele sebagai inovasi MPASI bagi balita di Desa Karangtengah.
Kampanye dilaksanakan kepada kader posyandu dan perwakilan ibu-ibu yang memiliki balita. Acara tersebut dilaksanakan di Pos Kesehatan Desa, Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Acara tersebut diisi oleh narasumber, yaitu Zulfikar Ahmad, AMdGz (Ahli Gizi di Puskesmas Cilongok). Juga dihadiri oleh Ketua Posyandu Karangtengah, Nur Wiji Setianingsih, AmdKeb dan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Karangtengah dan kader Posyandu.
“Kampanye anti stunting dan demonstrasi masak pembuatan nugget ikan lele digagas berdasarkan hasil riset keadaan desa dan diskusi bersama ketua posyandu. Kasus stunting di Desa Karangtengah saat ini memiliki presentasi yang cukup rendah, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kasus stunting itu tidak ada,” kata Fatiha Zahra Zulfi, mahasiswa IPB University.
Ketua Posyandu Karangtengah, Nur Wiji Setianingsih, AmdKeb menyatakan bahwa acara ini memiliki banyak manfaat untuk mengedukasi ibu-ibu di desa, khususnya ibu hamil, akan pentingnya kasus stunting bagi anak-anak.
Zulfikar Ahmad, AMdGz, selaku narasumber, memberikan informasi kepada partisipan tentang faktor yang dapat mempengaruhi anak terkena stunting, kondisi pertumbuhan anak, serta asupan gizi yang penting bagi anak.
“Faktor penyebab stunting adalah genetik yang mampu mempengaruhi sekitar 30 persen. Faktor lainnya yaitu lingkungan dan keluarga. Selama 1/000 hari pertama anak adalah masa emas, apabila ada kekurangan nutrisi maka harus segera cepat diatasi,” ujarnya.
Acara dilanjut dengan demonstrasi masak nugget ikan lele sebagai tindak lanjut dari sesi materi, khususnya terhadap pentingnya mengkonsumsi ikan untuk mencegah stunting. (*/Rz)