Tim KKNT Inovasi IPB Ubah Limbah Kulit Bawang Merah Jadi POC di Desa Bangsri, Brebes

Tim KKNT Inovasi IPB Ubah Limbah Kulit Bawang Merah Jadi POC di Desa Bangsri, Brebes

Tim KKNT Inovasi IPB Ubah Limbah Kulit Bawang Merah Jadi POC di Desa Bangsri, Brebes
Student Insight

Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University di Desa Bangsri, Brebes, Jawa Tengah mengadakan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair (POC) di kediaman Sudiyanto, Ketua Gabungan Kelompok Perikanan, Peternakan dan Pertanian Desa Bangsri.

Selama ini limbah kulit bawang merah jarang dimanfaatkan oleh masyarakat dan dibuang begitu saja. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat dari kulit bawang merah yang dapat dijadikan pupuk, menjadi alasan mahasiswa IPB University mengadakan program ini.

“Kulit bawang mengandung hormon pertumbuhan yang bagus untuk akar tanaman. Tujuan diadakan penyuluhan ini adalah untuk mengurangi limbah kulit bawang yang ada di Desa Bangsri yang terkenal akan produksi bawang merah yang melimpah,” ujar Aditya Akbar, mahasiswa KKNT Inovasi IPB University.

Ia menyebut, para kelompok peternak dan petani terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dan demonstrasi pembuatan POC. Partisipan yang hadir melibatkan tak kurang dari 20 warga desa.

“Kegiatan berlangsung secara interaktif dan komunikasi secara dua arah juga berjalan dengan baik. Pembuatan POC yang dilakukan dengan memanfaatkan limbah kulit bawang, sebelumnya belum pernah dilakukan di Desa Bangsri,” ungkapnya.

Aditya mengatakan, Desa Bangsri terkenal dengan hasil pertanian berupa bawang merah yang sangat baik. Banyaknya pertanian bawang merah terdapat masalah berupa limbah kulit bawang yang berlimpah. “Oleh karena itu, kelompok peternak dan petani Bangsri sangat antusias melihat proses pembuatan POC,” tuturnya. (*/Rz)