Bersama Mahasiswa Unsoed, Tim KKNT Inovasi IPB University Adakan Coastal Clean Up di Pantai Lumut

Bersama Mahasiswa Unsoed, Tim KKNT Inovasi IPB University Adakan Coastal Clean Up di Pantai Lumut

Bersama Mahasiswa Unsoed, Tim KKNT Inovasi IPB University Adakan Coastal Clean Up di Pantai Lumut
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University berkolaborasi dengan mahasiswa KKN dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang ditempatkan di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kolaborasi mereka sukses melaksanakan program Coastal Clean Up atau aksi bersih sekitar pantai dan pesisir di Pantai Lumut, Desa Sidoharjo.

Coastal Clean Up ini melibatkan para perangkat Desa Sidoharjo, ibu-ibu senam, para penjual di pesisir Pantai Lumut, warga setempat serta para mahasiswa. Mereka membersihkan sekitar pantai dan pesisir dari berbagai jenis sampah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan, memberikan edukasi terkait kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama di kawasan pesisir pantai, serta membangun kolaborasi dengan pemangku kepentingan setempat,” jelas Rizki Pradana, salah satu perwakilan mahasiswa IPB University yang terlibat.

Ia mengurai, “Dalam prosesnya, kami mengumpulkan sampah yang berserakan di sepanjang pesisir pantai, kios-kios pedagang serta lahan parkir, termasuk sampah plastik, botol bekas, tali pancing, serta sampah organik maupun nonorganik lainnya.”

Setelah sampah-sampah tersebut terkumpul, mahasiswa bersama warga setempat melakukan pemilahan sesuai dengan jenisnya lalu diangkut ke tempat pembuangan yang sesuai atau tempat penampungan akhir.

“Ini merupakan langkah nyata dalam menjaga kebersihan pantai dan melestarikan lingkungan. Melalui partisipasi aktif mahasiswa, diharapkan pantai-pantai dapat tetap indah dan terjaga kelestariannya bagi generasi mendatang,” kata Rizki.

Menurutnya, dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan, sangat penting untuk mewujudkan upaya pelestarian pantai yang berkelanjutan.

Wasijan, Kepala Desa Sidoharjo sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus sebagai bentuk edukasi kepada warga setempat dan juga para pedagang agar bisa menjaga kebersihan lingkungan di kawasan pesisir pantai. (*/Rz)