Inovasi Pakan Ternak, Tim KKNT Inovasi IPB University Demonstrasikan Pembuatan Silase di Desa Bangsri

Inovasi Pakan Ternak, Tim KKNT Inovasi IPB University Demonstrasikan Pembuatan Silase di Desa Bangsri

Inovasi Pakan Ternak, Tim KKNT Inovasi IPB University Demonstrasikan Pembuatan Silase di Desa Bangsri
Student Insight

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University berhasil melaksanakan demonstrasi pembuatan pakan ternak silase di Desa Bangsri, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kegiatan berlangsung di kediaman Ketua Gabungan Kelompok Perikanan, Peternakan dan Pertanian Desa Bangsri.

Silase adalah pakan berkadar air tinggi hasil fermentasi yang diberikan kepada hewan ternak ruminansia. Silase umumnya dibuat dari tanaman rerumputan, termasuk juga jagung. Silase memungkinkan peternak untuk menyediakan pakan hijauan berkualitas, terlepas dari musim panas kering atau musim dingin.

“Dengan menggunakan teknik silase, peternak dapat mengurangi limbah hijauan tanaman, karena hijauan yang tidak dapat langsung dikonsumsi dapat diubah menjadi produk yang dapat disimpan dan digunakan di masa mendatang,” ujar Christo Glory selaku Koordinator KKNT Inovasi Desa Bangsari.

Shasy Kirani Rizal, perwakilan mahasiswa IPB University mengatakan, para kelompok peternak dan petani terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dan demonstrasi pembuatan silase.

“Kegiatan berlangsung secara interaktif dan komunikasi secara dua arah juga berjalan dengan baik. Kelancaran acara pembuatan silase ini juga didasari karena belum pernah ada pembuatan silase di Desa Bangsri. Itulah mengapa para kelompok peternak dan petani sangat antusias,” ungkap Shasy.

“Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh peternak sekitar dan diskusi berjalan secara aktif. Semoga apa yang telah disampaikan akan bermanfaat berkelanjutan untuk para peternak,” ujar Sudiyanto, Ketua Gabungan Kelompok Perikanan, Peternakan dan Pertanian Desa Bangsri.

Kegiatan pembuatan silase ditutup dengan pembentukan kelompok ternak yang baru bagi Desa Bangsri. Pembentukan kelompok tersebut guna memfokuskan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan usaha peternakan yang ada di Desa Bangsri. (Lp/Rz)