Kolaborasi Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan Tim CSR PLTU Tanjung Awar-Awar Sukses Buat Gerak Penak

Kolaborasi Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan Tim CSR PLTU Tanjung Awar-Awar Sukses Buat Gerak Penak

Kolaborasi Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University dan Tim CSR PLTU Tanjung Awar-Awar Sukses Buat Gerak Penak
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University bersama tim Corporate Social Responsibility (CSR) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-Awar Tuban berhasil melaksanakan Gerakan Penanaman Hijauan Ternak (Gerak Penak).

Program tersebut dimaksudkan sebagai upaya bersama untuk meningkatkan ketersediaan pakan ternak lokal. Kegiatan berlangsung di lahan hijauan pakan ternak, kandang komunal yang berlokasi di Desa Wadung, Tuban, Jawa Timur.

Ketua KKNT Inovasi IPB University, Diah Pitaloka Saraswati, mengatakan, kolaborasi ini menunjukkan sinergi antara dunia akademis dan dunia usaha dalam mendukung sektor peternakan lokal.

“Melalui Gerak Penak, kami ingin mendukung peternak lokal dengan menyediakan pakan hijauan berkualitas. Kami yakin kolaborasi ini akan membawa manfaat besar bagi keberlanjutan sektor peternakan di Desa Wadung,” kata dia.

Diah menerangkan, hijauan pakan yang ditanam dalam kegiatan Gerak Penak berupa tanaman rambanan, yaitu lamtoro dan trichanthera. Menurutnya, kedua hijauan pakan ini dipilih karena kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang baik untuk ternak.

Mahasiswa IPB University itu melanjutkan, ketersediaan pakan hijauan yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan dan produktivitas ternak.

“Dengan adanya program Gerak Penak, peternak lokal dapat mengurangi biaya pakan dan meningkatkan kualitas hasil ternak mereka. Selain itu, program ini juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan dengan memperbanyak tanaman hijau,” imbuhnya.

Sementara, Yunan Kurniawan selaku Senior Manager PLTU Tanjung Awar-Awar mendukung penuh kegiatan mahasiswa KKNT Inovasi IPB University ini.

“Kandang komunal tidak semua orang tahu. Dengan adanya kegiatan ini, civitas PLN bisa mengetahui dan berkunjung ke kandang komunal. Selain itu, kegiatan ini sangat bagus untuk meningkatkan ketersediaan pakan lokal yang bisa membantu peternak,” ujar Yunan. (*/ra/Rz)