Forum Destana dan Tim KKNT Inovasi IPB Tanam 1.000 Pohon Kelapa dan Akasia di Pesisir Pantai Palangpang

Forum Destana dan Tim KKNT Inovasi IPB Tanam 1.000 Pohon Kelapa dan Akasia di Pesisir Pantai Palangpang

Forum Destana dan Tim KKNT Inovasi IPB Tanam 1.000 Pohon Kelapa dan Akasia di Pesisir Pantai Palangpang
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University bersama Forum Desa Tanggap Bencana (Destana) mengambil langkah nyata dalam upaya rehabilitasi lingkungan dengan melakukan penanaman pohon kelapa dan akasia di kawasan Pantai Palangpang. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari program mitigasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan memperbaiki ekosistem pantai yang mulai terdegradasi.

Program penanaman pohon ini dilaksanakan pada Sabtu (20/7) yang berlokasi di Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini berhasil dilakukan penanaman sekitar 1.000 bibit kelapa dan akasia. Pemilihan kedua jenis tanaman didasarkan pada manfaat yang dihasilkan bagi ekosistem pantai.

Ketua Forum Desa Tanggap Bencana, H Eden Permana, menjelaskan bahwa penanaman 1.000 pohon ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang terjadi akibat dari arus tinggi gelombang tsunami di pesisir Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh.

“Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan merupakan bagian dari program mitigasi struktural untuk penguatan ketangguhan masyarakat wilayah 2 dengan tujuan untuk mengurangi dampak yang terjadi akibat dari arus tinggi gelombang tsunami di pesisir Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh,” jelasnya.

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University, Sofian Annas menambahkan, penanaman 1.000 pohon kelapa dan akasia ditujukan bukan hanya untuk menjaga pesisir pantai dari ancaman gelombang tinggi, tetapi juga berkontribusi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Harapan ke depannya dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini seluruh lapisan masyarakat dapat terus menjaga dan merawat pohon-pohon agar tumbuh dengan sempurna,” harapnya. (*/Rz)